Warga Rejang Lebong Diminta Lakukan Pemilahan Sampah

09 Februari 2023 13:24
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Petugas kebersihan DLH Kabupaten Rejang Lebong tengah menaikan sampah bekas kulit kelapa muda di kawasan Lapangan Setia Negara Curup, Kamis, (9/2/2023). ANTARA/Nur Muhamad

Sahabat.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu meminta warga setempat untuk melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang ke tempat penampungan sementara.

"Warga Rejang Lebong diminta memilah sampah yang akan dibuang, hal ini penting untuk mengurangi volume sampah yang dibuang setiap harinya. Untuk sampah organik bisa dijadikan pupuk dan yang un-organik juga bisa dijadikan produk kerajinan," kata Plt Kepala DLH Rejang Lebong Dhendi Novianto Saputra di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, saat ini volume buangan sampah dari pemukiman dan pasar yang ada di Kabupaten Rejang Lebong setiap harinya mencapai 80 ton. Jumlah ini akan bertambah terutama pada bulan puasa hingga selesai lebaran.

Banyaknya sampah yang dibuang masyarakat ini, kata dia, jika tidak ditangani dengan baik maka tempat penampungan akhir Jambu Keling di Desa Bandung Marga, Kecamatan Bermani Ulu Raya akan penuh.

Untuk mengatasi permasalahan ini pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong, namun kerja sama ini baru sebatas pengangkutan sampah dari rumah-rumah warga saja.

Kerja sama dengan KSM itu sendiri dilakukan setelah pihaknya memberikan bantuan pinjam pakai 30 unit angkutan sampah berupa sepeda motor roda tiga, di mana dalam pelaksanaannya masing-masing KSM memberikan jasa pengangkutan sampah kepada warga dan setiap bulannya membayar dengan jumlah tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Selain itu pihaknya juga sudah bekerja sama dengan beberapa bank sampah yang dikelola oleh kelompok masyarakat, PKK maupun dengan pihak desa yang digunakan untuk pembuatan pupuk kompos.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment