11 Nelayan Indonesia Berhasil Diselamatkan Usai Perahu Dihantam Topan Ilsa dan Terdampar di Australia

20 April 2023 05:51
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi perahu dihantam ombak besar/ist

Sahabat.com - Sebelas nelayan Indonesia berhasil diselamatkan usai terdampar di pulau tak berpenghuni di lepas pantai Australia. Kondisi mereka sangat memprihatinkan karena selama 6 hari tanpa makanan dan air.

Mereka langsung diterbangkan ke tempat aman pada Senin (17/4/2023) dari Pulau Bedwell, sekitar 330 km (205 mil) barat kota Broome di Australia Barat, kata Otoritas Keselamatan Maritim Australia.

Namun 9 rekan mereka belum diketahui nasibnya. Dikhawatirkan mereka tewas tenggelam usai perahunya terbalik dihantam Topan Tropis Ilsa. 

Para korban yang selamat mengatakan dua perahu mereka dihantam Topan Tropis Ilsa yang kuat minggu lalu, menenggelamkan satu perahu. Sembilan dari 10 awak kapal di kapal itu masih hilang dan dalam pencarian tim penyelamat.

Dilaporkan, satu dari sepuluh awak kapal itu berhasil selamat setelah berada di laut selama berjam-jam, berpegangan pada jerigen, sebelum dijemput oleh nelayan dari kapal lain.

Usai dihantam Topan Ilsa, perahu mereka terdampar di Pulau Bedwell yang kecil tak berpenghuni. Pulau Bedwell terletak di dekat Rowley Shoals yakni rangkaian terumbu karang di lepas pantai Australia Barat.

11 Nelayan yang selamat akhirnya ditemukan oleh pesawat Pasukan Perbatasan Australia, dan dievakuasi dengan helikopter penyelamat ke Broome, tempat mereka dirawat di rumah sakit.

“Mereka semua dilaporkan dalam keadaan sehat meskipun mengalami cobaan,” kata juru bicara Pasukan Perbatasan. Dikatakan pemerintah sekarang bekerja untuk memulangkan kelompok itu secepat mungkin.

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment