137 WNI Diselamatkan Polisi Filipina dari Perusahaan Online Scam

29 Juni 2023 04:00
Penulis: Adiantoro, news
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha. (Dok/Kemlu)

Sahabat.com - Philippines National Police (PNP) didampingi Perwakilan Asing di Manila, termasuk KBRI Manila, berhasil melakukan operasi penyelamatan terhadap sejumlah warga negara asing yang bekerja di perusahaan online scam di Metro Manila pada 26-27 Juni 2023.

Hal itu disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha.

"Operasi tersebut berhasil menyelamatkan 2.714 orang yang berasal dari 18 negara, termasuk 137 WNI. Berbagai peralatan elektronik dan komunikasi juga telah diamankan," ujar Judha dalam keterangannya, dilansir dari laman resmi Kemenlu, Kamis (29/6/2023).

Dia memastikan seluruh WNI dalam kondisi baik. Kini, KBRI Manila akan fokus pada upaya repatriasi serta kelanjutan proses hukum pada pelaku itu.

"Terhadap 137 WNI, KBRI Manila tengah lakukan pendataan dan wawancara formulir identifikasi TPPO (tindak pidana perdagangan orang). Keseluruhan 137 WNI tersebut dalam keadaan aman dan sehat," imbuhnya.

Selanjutnya, kata Judha, KBRI Manila akan terus melakukan koordinasi dengan PNP mengenai proses hukum dan langkah repatriasi ke Indonesia.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment