22 Militan ISIS Tewas dalam Operasi di Irak Barat

13 Maret 2023 00:39
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Militan ISIS. (AFP)

Sahabat.com - Militer Irak mengatakan setidaknya 22 militan ISIS, termasuk beberapa pemimpin kelompok itu, tewas dalam operasi di provinsi Anbar, Irak barat, pada Minggu (12/3/2023).

Kepala Layanan Penanggulangan Terorisme Irak, Letnan Jenderal Abdul Wahab al-Saadi mengatakan, operasi itu dilakukan dalam dua tahap oleh pasukan lintas udara di daerah terjal di utara kota Rutba, sekitar 400 km di wilayah barat ibukota Irak, Bagdad.

"Semua militan yang terbunuh mengenakan sabuk peledak, dan para pemimpin senior termasuk di antara yang tewas," kata al-Saadi, dikutip dari Xinhua, Senin (13/3/2023).

Dia tidak mengungkapkan tanggal pasti dimulainya operasi tersebut. Dan, al-Saadi membenarkan jika operasi tersebut masih berlangsung.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan keamanan Irak telah melakukan operasi terhadap militan ekstremis untuk menindak aktivitas intensif mereka.

Situasi keamanan di Irak telah membaik sejak kekalahan ISIS pada 2017. Namun, sisa-sisanya telah menyelinap ke pusat kota, gurun, dan daerah terjal.

Mereka kerap melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment