Arab Saudi Siap Sambut Musim Haji Terbesar yang Pernah Ada

06 Juni 2023 01:00
Penulis: Adiantoro, news
Arab Saudi meluncurkan rencana operasional haji terbesar yang pernah. (Istimewa/SPA)

Sahabat.com - Arab Saudi meluncurkan rencana operasional haji terbesar yang pernah.

Melansir Al Arabiya, Selasa (6/6/2023), persiapan dilakukan dalam menyambut musim haji yang akan datang pasca dicabutnya pembatasan jumlah jamaah selama pandemi Covid-19.

Setidaknya 14.000 anggota staf yang memecahkan rekor, serta lebih dari 8.000 sukarelawan, akan dikerahkan di lapangan guna membantu jutaan jamaah yang diharapkan ikut serta dalam haji tahun ini.

Dimana musim haji tahun ini diperkirakan akan dimulai pada 26 Juni, kendati masih menunggu pengumuman resmi oleh pihak berwenang.

"Rencana operasional musim haji tahun ini merupakan yang terbesar dalam sejarah kepresidenan, setelah berakhirnya pandemi Corona dan pengumuman kepulangan jutaan jamaah haji, sesuai dengan sistem pelayanan terpadu yang disiapkan oleh para pemimpin," ujar Presiden Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Dr. Abdulrahman al-Sudais dalam pernyataannya.

Kerajaan telah mencabut pembatasan jumlah jamaah haji yang diizinkan untuk melakukan haji untuk pertama kalinya sejak pandemi virus Corona dimulai. Dan, sekitar 2,6 juta orang diperkirakan akan mengambil bagian dalam ritual umat Muslim tahun ini.

Menurut al-Sudais, sebanyak 300.000 eksemplar Al-Qur'an akan didistribusikan di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Layanan dan panduan penerjemahan akan tersedia di seluruh situs dalam 51 bahasa untuk melayani jutaan orang yang datang dari seluruh dunia.

Kepresidenan Umum juga akan mendistribusikan 40 juta liter air Zamzam di Dua Masjid Suci melalui lebih dari 30.000 titik distribusi, menyediakan setidaknya dua juta botol untuk jamaah setiap hari.

Teknologi digital termasuk aplikasi seluler dan robot di lokasi akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman jamaah secara keseluruhan.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment