Arab Saudi Sita Jutaan Pil Amfetamin yang Disembunyikan di Peralatan Medis

16 Maret 2023 07:47
Penulis: Adiantoro, news
Pihak berwenang Arab Saudi menyita sejumlah besar narkoba. (Twitter/Al Arabiya)

Sahabat.com - Direktorat Jenderal Pengendalian Narkotika Arab Saudi (GDNC) berhasil menyita 4.693.000 pil amfetamin yang disembunyikan dalam dua pengiriman peralatan medis di Pelabuhan Islam Jeddah, kata juru bicara resmi GNDC, pada Rabu (15/3/2023).

Seorang warga Yordania, yang merupakan penerima kiriman, ditangkap di Jeddah, kata Mayor Mohammad al-Nujaidi, menurut Saudi Press Agency (SPA), seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (16/3/2023).

Tindakan hukum pertama diambil terhadap penerima kiriman tersebut, dan dia dirujuk ke Kejaksaan Umum.

Pengangkutan narkoba besar-besaran diperkirakan bernilai antara US$46,93 juta hingga US$117,3 juta, menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Addiction Review Journal, yang mengatakan pil itu biasanya dijual seharga US$10 hingga US$25 per butir.

"Operasi itu dilakukan berkoordinasi dengan Otoritas Zakat, Pajak dan Bea Cukai (ZATCA)," kata Nujaidi.

Pihak berwenang telah menindak penyelundupan narkoba di Kerajaan dan memperketat kontrol bea cukai untuk memastikan keamanan dan perlindungan masyarakat, kata Nujaidi dalam pernyataan sebelumnya.

"Untuk membantu memerangi penyelundupan, otoritas kini memiliki nomor khusus untuk laporan keamanan yang dapat dibuat oleh anggota masyarakat (1910), email (1910@zatca.gov.sa), dan nomor internasional (00966114208417)," lanjutnya. 

Pihak berwenang mengatakan akan memastikan laporan terkait kejahatan penyelundupan diperlakukan dengan sangat rahasia dan pelapor akan diberikan hadiah uang jika informasi yang diberikan terbukti benar.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment