AS Desak Xi Jinping Beri Tahu Vladimir Putin Agar Menghormati Kedaulatan Ukraina

21 Maret 2023 03:18
Penulis: Adiantoro, news
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan di Kremlin di Moskow, Rusia, 20 Maret 2023. (Reuters)

Sahabat.com - Gedung Putih mendesak Presiden China Xi Jinping agar memberitahu Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghormati kedaulatan Ukraina dan mengakhiri perang.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan, Amerika Serikat (AS) khawatir Presiden Xi yang saat ini sedang di Moskow akan mengulangi seruan untuk gencatan senjata.

Hal ini akan membuat pasukan Rusia tetap berada di dalam wilayah kedaulatan Ukraina. "Kami mendorong Presiden Xi untuk menekan Presiden Putin secara langsung tentang perlunya menghormati kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina. Dunia dan tetangga China pasti akan mengawasi dengan cermat," kata Kirby, seperti dilaporkan Reuters, Senin (20/3/2023).

Dikatakannya, Presiden Xi harus berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terkait dampak perang terhadap Ukraina. "Mereka adalah dua negara yang telah lama menghina kepemimpinan AS di seluruh dunia," tukasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment