Bayi Korban Gempa Turki Bersatu Kembali dengan Ibunya Setelah 54 Hari Terpisah

03 April 2023 00:37
Penulis: Adiantoro, news
Seorang bayi dipersatukan kembali dengan ibunya pada Sabtu (1/4/2023), 54 hari setelah diselamatkan dari puing-puing di Turki selatan yang dilanda gempa. (Anadolu Agency)

Sahabat.com - Seorang bayi dipersatukan kembali dengan ibunya pada Sabtu (1/4/2023), 54 hari setelah diselamatkan dari puing-puing di Turki selatan yang dilanda gempa.

Bayi bernama Vetin Begdas yang berusia tiga setengah bulan - yang oleh pejabat kesehatan disebut 'Misteri' (Gizem dalam bahasa Turki) - diselamatkan di Provinsi Hatay 128 jam setelah gempa bumi melanda negara itu pada 6 Februari 2023. Dia kemudian dipindahkan ke rumah sakit di ibu kota Ankara.

Menteri Keluarga dan Layanan Sosial Turki Derya Yanik menyatukan kembali bayi itu dengan ibunya Yasemin Begdas di Provinsi Adana, di mana terakhir ini mereka menerima perawatan medis.

Bayi dan ibunya dipertemukan berkat tes DNA yang membuktikan hubungan tersebut. Ayah bayi itu dan dua saudara laki-lakinya tewas dalam gempa yang menewaskan lebih dari 50.000 orang itu.

"Bayi itu benar-benar keajaiban. Fakta bahwa dia selamat dan tidak memiliki masalah kesehatan menyentuh hati sanubari kami," kata Yanik, dikutip dari Anadolu Agency, Senin (3/4/2023).

"'Misteri' sekarang menjadi bayi kami juga," lanjutnya, seraya menambahkan bahwa dukungan kementerian akan selalu bersamanya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment