Bus Jemaah Umrah Terbakar di Arab Saudi, 20 Orang Meninggal 29 Luka-luka

28 Maret 2023 12:26
Penulis: Ramses Manurung, news
Bus Jemaah Umrah terguling dan terbakar di Arab Saudi/ist

Sahabat.com - Sebuah bus yang membawa rombongan jemaah umrah mengalami kecelakaan di Aqabat Shaar, Provinsi Asir, Arab Saudi, Senin (27/3/2023) sore waktu setempat. Kecelakaan mengakibatkan 20 jemaah meninggal dan 29 luka-luka. 

Informasi sementara menyebutkan para korban tewas merupakan jemaah umrah yang berasal dari India dan Bangladesh.  Para jemaah itu berangkat dari Khamis Mushet menuju Makkah. 

Insiden itu terjadi di jalan yang menghubungkan Kegubernuran Mahayil Asir dengan Kota Abha. Bus dalam perjalanan menuju Abha, kemudian menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah.

Kecelakaan terjadi akibat sopir tak bisa mengendalikan laju kendaraan dan menabrak jembatan. Bus kemudian terguling lalu terbakar.  

Hasil penyelidikan, bus kehilangan kendali akibat mengalami rem blong. 

Tim Pertahanan Sipil, tenaga medis dari Bulan Sabit Merah Arab Saudi langsung mendatangi lokasi untuk menyelamatkan korban.  Jenazah para korban serta terluka kemudian dibawa ke sejumlah rumah sakit di wilayah tersebut. 

Kecelakaan juga mengakibatkan arus lalu lintas di sepanjang jalur menuju Makkah macet parah.  

Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban. 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment