Bus Tamu Undangan Pernikahan Terguling di Australia, 10 Orang Tewas

12 Juni 2023 00:55
Penulis: Adiantoro, news
Bus terguling setelah para tamu undangan menghadiri pernikahan di kebun Anggur Wandin Estate. (Istimewa/SBS News)

Sahabat.com - Setidaknya 10 orang tewas ketika sebuah bus yang membawa lebih dari 50 tamu pernikahan terguling di Greta, Australia.

Bus itu terguling setelah para tamu undangan menghadiri pernikahan di perkebun Anggur Wandin Estate. Demikian dilansir dari The Associated Press (AP), Senin (12/6/2023).

Selain 10 orang tewas, polisi mengatakan 25 orang lainnya terluka dan telah dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan helikopter dan jalan darat. Sedangkan 18 orang lainnya tidak terluka.

Disebutkan pengemudi bus adalah seorang pria berusia 58 tahun, yang kini sedang dirawat di rumah sakit akibat luka ringan yang dialaminya. Dia mendapatkan penjagaan dari polisi guna menjalani pemeriksaan.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 23:30 malam waktu setempat dalam kondisi berkabut di Wine Country Drive di Kota Greta. Polisi mengatakan mereka telah memulai penyelidikan atas penyebab terjadinya kecelakaan itu.

Media Australia melaporkan para tamu sebelumnya menghadiri pernikahan di perkebunan anggur Wandin Estate. Seorang tamu kepada Seven News mengatakan pernikahan berjalan dengan lancar dan indah, sebelum insiden mengerikan itu terjadi.

Di sisi lain, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese men-tweet ucapan duka cita atas insiden tersebut.

"Semua warga Australia (pagi ini) yang terbangun dengan berita tragis. Kami mengirimkan simpati terdalam kami kepada orang-orang terkasih dari mereka yang meninggal dalam tragedi bus yang mengerikan ini," tulis Albanese di akun Twitter-nya.

Sementara Jay Suvaal, Wali Kota Cessnock, yang merupakan kota terdekat dari lokasi kejadian, mengatakan kecelakaan itu benar-benar mengerikan.

"Kami adalah destinasi pernikahan utama dan merupakan tujuan wisata di Hunter Valley. Ada banyak orang-orang dari seluruh negara bagian yang pernah ke daerah ini dan mungkin telah melakukan hal serupa," imbuhnya. 

"Saya pikir itu akan mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh komunitas yang lebih luas," lanjutnya.

Greta berada di jantung kawasan anggur Hunter Valley. Area ini sangat indah dan dipenuhi kebun anggur dan restoran. Daerah itu merupakan kawasan kebun anggur pertama yang didirikan di Australia.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment