Diamuk Tornado, 90.000 Warga Little Rock-AS Hidup Tanpa Listrik

01 April 2023 12:58
Penulis: Ramses Manurung, news
Kendaraan dan rumah warga hancur akibat amukan tornado/ist

Sahabat.com - 90 ribu warga Little Rock, Amerika Serikat (AS) harus hidup tanpa listrik setelah kawasan tempat tinggal mereka dihantam tornado dahsyat. Amukan tornado juga mengakibatkan 22 orang terluka dan harus dirawat di rumah sakit.

Bencana terjadi pada pada Jumat (31/3/2023). Puluhan orang terluka, sejumlah mobil hancur. Ahli meteorologi memperingatkan bahaya akan berlanjut hingga malam.

Wali Kota Frank Scott Jr mengatakan tornado yang merobek metro-Little Rock, yang juga menyebabkan kerusakan properti yang parah.

Gubernur Arkansas Sarah Huckabee Sanders mengumumkan keadaan darurat. Sarah mengatakan negara bagian akan "tidak menyisihkan sumber daya" dalam menanggapi dan memulihkan diri dari badai dan mengaktifkan Garda Nasional negara bagian.

Setelah meluluhlantakkan wilayah Little Rock, tornado dilaporkan bergerak menuju negara tetangga Tennessee. Layanan Cuaca Nasional mengonfirmasi angin puting beliung yang besar dan merusak bergerak melalui Covington, sekitar 40 mil timur laut Memphis.

Pusat Prediksi Badai melaporkan, peringatan ancaman tornado yang sangat berbahaya juga berlaku untuk Alabama barat laut, Mississippi utara, dan Tennessee barat dan tengah, termasuk untuk kota Nashville hingga pukul 01.00 CDT.

Tornado semalaman juga meratakan hampir seluruh komunitas Rolling Fork, Mississippi, di mana perkiraan kecepatan angin maksimum 170 mph menderu.

Pusat Prediksi Badai telah mengeluarkan peringatan Level 5 dari 5 “risiko tinggi” untuk cuaca buruk – tingkat risiko tertinggi yang ada saat terjadi badai hebat untuk dua wilayah. Satu wilayah terbentang dari bagian timur Arkansas, barat daya Tennessee dan utara Mississippi sementara yang lain mencakup bagian tenggara Iowa, barat laut Illinois, dan timur laut Missouri dan Iowa City di Iowa.

Wilayah Illinois Utara, Indiana Barat Laut, Wisconsin Selatan, dan Danau Michigan juga rentan dari amukan tornado.

Warga diimbau untuk memperhatikan peringatan cuaca di ponsel mereka.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment