Dokumen FBI Ungkap Rencana Serangan Terhadap Ratu Elizabeth Selama Kunjungan di AS pada 1983

27 Mei 2023 07:52
Penulis: Adiantoro, news
Ratu Elizabeth II. (Reuters)

Sahabat.com - Biro Investigasi Federal (FBI) telah mengungkapkan rencana serangan terhadap Ratu Elizabeth II selama perjalanannya ke Amerika Serikat (AS) pada 1983.

Dokumen-dokumen itu dirilis pekan ini di situs web catatan FBI. Ratu Elizabeth II meninggal pada September 2022 setelah memerintah selama 70 tahun. Melansir CTV News, Sabtu (27/5/2023), kunjungan Ratu Elizabeth II ke Pantai Barat bersama san suami, Pangeran Philip, termasuk singgah di Kota San Francisco, AS, pada Maret 1983. 

FBI mengatakan seorang petugas polisi San Francisco yang sering mengunjungi bar yang populer dengan simpatisan Tentara Republik Irlandia telah menerima panggilan telepon pada Februari 1983 dari seorang pria yang mengklaim putrinya telah terbunuh di Irlandia Utara oleh peluru karet.

Menurut dokumen tersebut, pria itu mengatakan dia akan 'berusaha untuk menyakiti Ratu Elizabeth' dengan menjatuhkan benda dari Jembatan Golden Gate ke kapal pesiar kerajaan Ratu Elizabeth atau mencoba membunuhnya saat melakukan kunjungan ke Taman Nasional Yosemite.

Dokumen tersebut mengatakan, Dinas Rahasia bermaksud menutup jalur jembatan saat kapal pesiar mendekat. Nama petugas dan penelepon disamarkan dalam dokumen, yang tidak menunjukkan apakah tindakan pencegahan telah dilakukan di Yosemite atau apakah ada penangkapan yang dilakukan. 

Sebuah memo tertanggal 7 Maret 1983 menunjukkan Ratu Elizabeth II menyelesaikan kunjungan di AS tanpa insiden dan tidak diperlukan penyelidikan lebih lanjut. Dokumen tersebut merinci masalah keamanan lainnya yang melibatkan kunjungan Ratu Elizabeth II ke berbagai kota di AS.

Saat dia menghadiri pertandingan Baltimore Orioles dengan Presiden George HW Bush pada Mei 1991, puluhan demonstran di taman itu meneriakkan slogan-slogan yang mengutuk kebijakan Inggris di Irlandia Utara.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment