Duh! Polisi Vietnam Temukan 2.000 Bangkai Kucing, Disinyalir untuk Pengobatan Tradisional

18 Februari 2023 04:49
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Kucing. (Nextshark)

Sahabat.com - Polisi Vietnam menemukan 2.000 bangkai kucing. Ribuan bangkai hewan peliharaan itu disinyalir digunakan dalam pengobatan tradisional.

Mengutip AFP, Sabtu (18/2/2023), bangkai kucing itu ditemukan di rumah jagal di Provinsi Dong Thap di Delta Mekong pada Kamis (16/2/2023).

Ribuan bangkai kucing itu ditemukan bersama 480 hewan hidup lainnya. Kucing-kucing itu berada di gudang pendingin dan diyakini disiapkan untuk dikirim ke Vietnam utara.

Sejumlah kalangan di Vietnam meyakini ekstrak dari tulang kucing dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti asma dan osteoporosis. Konsumsi kucing maupun anjing adalah legal di Vietnam. Namun banyak restoran yang menyajikan daging memerlukan sertifikat untuk menunjukkan asal hewan.

Rumah jagal di Dong Thap gagal memberikan dokumen yang mengesahkan pembunuhan dan merinci ketertelusuran. Sejauh ini belum ada yang ditangkap dalam kasus tersebut.

Menurut organisasi kesejahteraan hewan Four Paws International, diperkirakan hingga satu juta kucing menjadi korban perdagangan satwa liar ilegal setiap tahun di Vietnam.

Industri obat tradisional telah menjadi pendorong utama perdagangan ilegal satwa liar di Asia, dan Vietnam merupakan pusat konsumsi dan transportasi.

Dalam laporan World Animal Protection pada 2019, sekitar 89 persen konsumen obat tradisional Asia di Vietnam meyakini pada produk yang belum terbukti terbuat dari harimau dan singa, sedangkan 84 persen konsumen tersebut lebih memilih produk kucing besar dari hewan yang ditangkap di alam liar.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment