Duh! WHO Minta Dunia Bersiap Hadapi Pandemi Baru

24 Mei 2023 11:43
Penulis: Ramses Manurung, news
Dirjen WHO Tedros Adhanom/ist

Sahabat.com-Meski pandemi covid-19 telah berakhir, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat dunia agar selalu bersiap menghadapi pandemi pada masa yang akan datang. 

"Berakhirnya Covid-19 sebagai darurat kesehatan global bukanlah akhir ancaman global," ujar Dirjen WHO Tedros Adhanom dalam laporan Sidang ke-76 Majelis WHO di Jenewa, Swiss, pada awal pekan ini.

Tedros Adhanom mengatakan, masyarakat harus tetap memperkuat imunitas meski Covid-19 sudah tidak lagi menjadi darurat kesehatan global.

Tedros menyebut sikap waspada tetap diutamakan lantaran ancaman varian Covid-19 maupun gelombang penyakit baru akan selalu ada.

"Ancaman varian lain yang muncul yang menyebabkan gelombang penyakit baru dan kematian tetap ada, dan ancaman patogen lain yang muncul dengan potensi yang lebih mematikan tetap ada," ujarnya.

Di samping itu, Tedros juga meyakini, pandemi bukan satu-satunya ancaman kehidupan umat manusia di Bumi.

Karenanya, masyarakat dunia perlu bersama-sama sepakat mengelola cara respons cepat dan penanganan terbaik terhadap segala jenis darurat kesehatan.

"Ketika pandemi berikutnya muncul, dan ini pasti terjadi, kita harus siap menjawabnya secara tegas, kolektif, dan adil," ujarnya.

Lebih lanjut Tedros menjelaskan data WHO setelah mencabut status darurat kesehatan global bagi Covid-19 dan cacar monyet, tetapi masih ada wabah polio yang menjadi ancaman baru.

Sebanyak 30 kasus polio meningkat sepanjang tahun 2022 lalu dengan rincian, 20 kasus di Pakistan, dua di Afghanistan, dan delapan di Mozambik.

Sebelumnya, WHO mengumumkan keputusan mengakhiri status darurat global Covid-19 pada Jumat, 5 Mei 2023 setelah lebih dari tiga tahun virus itu menewaskan 6,9 juta orang di seluruh dunia.

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment