FBI Tangkap Pria AS Diduga Bawa Bahan Peledak ke Pesawat

02 Maret 2023 07:14
Penulis: Adiantoro, news
Mark Muffley yang diduga membawa bahan peledak berjalan di Bandara Internasional Lehigh Valley, Kota Allentown, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), dalam gambar selebaran yang disediakan oleh FBI dan diperoleh Reuters pada 1 Maret 2023. (Istimewa)

Sahabat.com - Biro Investigasi Federal (Federal Bureau of Investigation/FBI) menangkap seorang pria yang diduga membawa bom rakitan ke dalam pesawat di Bandara Internasional Lehigh Valley, Kota Allentown, negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

"Bom tersebut ditemukan oleh petugas Administrasi Keamanan Transportasi (Transportation Security Administration/TSA) pada Senin, setelah tas yang pria tersebut membunyikan alarm di Bandara Internasional Lehigh Valley di kota Allentown," kata FBI dalam pernyataannya pada Rabu (1/3/2023), seperti dilaporkan AFP.

Pihak TSA juga mengonfirmasi kebenaran terkait insiden tersebut. Sebagai langkah preventif, maka evakuasi dilakukan di bandara yang terletak sekitar 160 km dari Kota New York tersebut.

"FBI dan teknisi bom penegak hukum setempat menetapkan benda tersebut memang merupakan alat peledak aktif," kata juru bicara TSA, Lisa Farbstein dalam cuitannya di Twitter.

Namun tidak diketahui apakah penemuan alat peledak itu berdampak pada jadwal penerbangan pesawat. Setelah ditelusuri, bahan peledak milik tersangka yang teridentifikasi bernama Mark Muffley itu diselipkan dalam tas kabinnya.

Bahan peledak ini berupa serbuk dan dibungkus dalam sebuah plastik, dengan sekering yang terpasang. Pihak berwenang juga menemukan sekaleng butana, dua stopkontak yang direkatkan, dan sebuah pipa dengan dengan bubuk putih di atasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment