Gegara Tunjuk Foto Kakek Kim Jong Un, Ibu Hamil di Korut Dihukum Mati

01 April 2023 16:36
Penulis: Ramses Manurung, news
Kim Jong Un/ist

Sahabat.com - Korea Utara pernah mengeksekusi mati perempuan hamil karena menunjuk foto mendiang kakek Kim Jong Un, Kim Il Sung, yang merupakan pendiri negara komunis itu.

Fakta miris itu diungkapkan Kementerian Unifikasi Korea Selatan dalam laporan tahunan setebal 400 halaman terkait hak asasi manusia (HAM) di negara tetangganya itu, pada Kamis (30/3).

Disebutkan perempuan hamil tersebut dihukum mati setelah beredar sebuah video memperlihatkan dia menunjuk foto Kim Il Sung saat berdansa di rumahnya.

"Eksekusi mati dilakukan bahkan terhadap tindakan-tindakan yang tidak mengharuskan diterapkan hukuman mati. Beberapa kejahatan yang dihukum mati oleh Korut yakni terkait narkoba, penyebaran konten dan video dari Korea Selatan, hingga aktivitas keagamaan," bunyi laporan itu.

Laporan ratusan halaman tersebut juga mengungkap berbagai penyiksaan dan eksekusi yang kerap dilakukan rezim Korut terhadap warganya termasuk terhadap anak-anak hingga ibu hamil.

Korut dilaporkan juga pernah mengeksekusi mati dua remaja berusia 16 dan 17 tahun karena ketahuan menonton potongan video dari Korsel. Kemudian Korut juga pernah menghukum mati pria gay pada 2014 dan seorang perempuan yang dituduh melakukan prostitusi pada 2013.

Laporan tersebut merupakan hasil wawancara lebih dari 508 warga Korut yang telah membelot ke Korsel sejak 2017-2022.

Ditegaskan, laporan tersebut mencerminkan tekad pemerintah Korsel untuk lebih berupaya meningkatkan hak asasi manusia di Korea Utara.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment