Gempa Dahsyat M7,1 Guncang Alaska, Sempat Muncul Peringatan Tsunami

16 Juli 2023 11:44
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Sahabat.com-Wilayah Pantai Alaska diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,1 magnitudo. Gempa terjadi pada Sabtu, 16 Juli 2023 pukul 13:48:24 WIB.

Pusat gempa terletak pada koordinat 54,73° LU ; 161,15° BB pada kedalaman 40 kilometer.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) sempat mengeluarkan peringatan ancaman potensi gelombang tsunami hanya untuk Wilayah Alaska.

Kendati demikian Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa ini tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

“Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia, sehingga BMKG tidak mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami,” ujar Daryono.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Daryono, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Lempeng Alaska.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” ujarnya.

Daryono menambahkan hingga hari Sabtu, 16 Juli 2023 pukul 14:30 WIB, hasil monitoring menunjukkan adanya 4 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M5,7.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment