IMF: China Akan Sumbang Sepertiga dari Pertumbuhan Global Pada 2023

27 Maret 2023 03:21
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Logo Dana Moneter Internasional (IMF)

Sahabat.com - China diproyeksikan memberikan dorongan yang signifikan bagi ekonomi dunia, dengan berkontribusi sekitar sepertiga dari pertumbuhan global pada 2023, kata direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva, Minggu (26/3).

"Rebound yang kuat berarti China akan menyumbang sekitar sepertiga dari pertumbuhan global pada 2023 – memberikan dorongan selamat datang bagi ekonomi dunia," ujar Georgieva  pada Forum Pembangunan China 2023 di ibu kota Beijing.

Menurut analisis IMF, peningkatan satu persen poin dalam pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di China akan menyebabkan peningkatan 0,3 persen poin dalam pertumbuhan ekonomi Asia lainnya, katanya.

Meskipun ketidakpastian sangat tinggi, ia mengatakan berita tentang ekonomi dunia tidak semuanya buruk karena ada beberapa “tunas hijau”, termasuk di China.

“Dengan pemulihan yang solid, China sekarang dapat membangun momentum positif dan – melalui kebijakan yang komprehensif – tetap berada di jalur pertumbuhan menuju konvergensi dengan ekonomi maju,” tambahnya.

Riset IMF juga menunjukkan bahwa reformasi peningkatan produktivitas di China dapat mengangkat PDB riil sebanyak 2,5 persen pada 2027, dan sekitar 18 persen pada 2037 yang merupakan pertumbuhan yang akan lebih berkualitas dan lebih inklusif.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment