Iran Uji Coba Drone Bunuh Diri di Teluk Tanpa Peringatan

16 Juni 2023 04:01
Penulis: Adiantoro, news
Sebuah drone terlihat di samping rudal Iran selama peringatan 44 tahun Revolusi Islam di Teheran, 11 Februari 2023. (Reuters)

Sahabat.com - Iran menguji drone bunuh diri terhadap kapal latihan di Teluk dan menembakkan satu rudal atau drone lain tanpa memberi peringatan kepada kapal di daerah itu.

Hal itu disampaikan seorang pejabat Amerika Serikat (AS) di kawasan itu. Demikian dilansir dari Al Arabiya, Jumat (16/6/2023).

Mengutip data intelijen, pejabat AS itu mengungkapkan, drone satu arah diluncurkan pada Rabu (14/6/2023) dari daerah Jask Iran sejauh 8-9 mil ke laut, atau di dalam perairan teritorial Iran, dengan sasaran kapal tongkang latihan.

"Intinya berlatih memukul kapal dagang. Itulah satu-satunya alasan mengapa Anda melakukan itu di Teluk Oman," kata pejabat AS itu.

Diketahui, Iran secara berkala menguji drone peledak atau bunuh diri dan menyiarkan rekaman tersebut. "Kapal dagang terdekat berjarak sekitar 30 mil dari tongkang, tapi masih berbahaya," sebut pejabat AS itu.

Sementara pejabat Iran tidak bersedia untuk berkomentar terkait laporan ini.

AS sendiri menuduh Iran berada di balik sejumlah serangan sejak 2019 terhadap kapal dagang di perairan Teluk yang strategis. Di perairan teluk terdapat beberapa rute minyak dan pengiriman terpenting dunia.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment