Jelang Pilpres Turki, Hasil Survei Erdogan Jeblok

01 April 2023 12:30
Penulis: Ramses Manurung, news
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ist

Sahabat.com - Recep Tayyip Erdogan terancam gagal melanjutkan kepemimpinannya sebagai Presiden Turki. Pasalnya, sebulan jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki, hasil survei Erdogan jeblok. Sebagai calon presiden petahana Recep Tayyip Erdogan kalah bersaing dari kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu.

Berdasarkan hasil jajak pendapat yang digelar oleh pusat penelitian opini publik MetroPOLL itu, sebanyak 44,6 persen responden akan memilih Kilicdaroglu. Sementara Presiden Erdogan hanya didukung 42 persen pemilih. 

Sementara 5 persen responden mengatakan bahwa mereka belum memutuskan pilihan mereka. 

Survei MetroPOLL dilakukan terhadap 2.046 orang di 28 provinsi di Turki antara 13 Januari dan 14 Maret. Para responden ditanyai tentang calon presiden mana yang akan mereka dukung. 

Direktur MetroPOLL, Ozer Sencar mengatakan, hasil Pilpres Turki 2023 akan ditentukan oleh suara mereka yang belum menentukan pilihan kandidatnya, serta oleh pendukung capres ketiga, Muharrem Ince, 

“Menurut data ini, nasib pemilu akan ditentukan oleh Muharrem Ince dan (mereka) yang masih ragu-ragu,” cuit Sencar pada Jumat (31/3/2023). 

Sebelumnya, pada survei ang dilakukan MetroPOLL, Januari lalu, Erdogan meraih 46 persen suara. Kala itu, Erdogan masih unggul tiga persen atas Kilicdaroglu. 

Pilpres dan pemilu anggota parlemen Turki akan digelar pada 14 Mei. Kilicdaroglu, yang diajukan oleh aliansi enam partai oposisi, dianggap sebagai pesaing terkuat Erdogan. 

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment