Jet Tempur AS Cegat 6 Pesawat Militer Rusia di Dekat Alaska

15 Mei 2023 01:48
Penulis: Adiantoro, news
Sebuah jet tempur Sukhoi Su-35 tampil selama International Army Games 2016, di Dubrovichi di luar Ryazan, Rusia, 5 Agustus 2016. (Reuters)

Sahabat.com - Jet tempur Amerika Serikat (AS) berhasil mencegat enam pesawat militer Rusia.

Pesawat militer Rusia itu beroperasi di wilayah udara internasional di dekat Alaska, di mana latihan militer AS sedang berlangsung. Hal itu dikatakan Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) pada Minggu (14/5/2023), seperti dikutip dari Al Arabiya.

"NORAD mendeteksi, melacak, mengidentifikasi secara positif dan mencegat enam pesawat Rusia yang beroperasi di dan dekat Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Alaska pada hari Kamis," ujar komando itu. 

Komando pertahanan gabungan AS-Kanada menambahkan sekelompok penerbangan Rusia bermanuver di dekat Alaska karena beberapa latihan militer AS skala besar yang direncanakan sedang berlangsung di sana.

Sekelompok pesawat pengebom Rusia itu termasuk pesawat pengebom Tu-95, pesawat tanker IL-78 dan pesawat tempur Su-35. Sementara tim pencegat NORAD termasuk jet tempur F-16, jet tempur siluman F-22 Raptor, pesawat KC-135 Stratotankers, dan pesawat E-3 Sentry Airborne Warning and Control System (AWACS).

NORAD mengatakan pesawat-pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada. "Aktivitas Rusia di ADIZ Amerika Utara terjadi secara teratur dan tidak dianggap sebagai ancaman," tambah NORAD.

Insiden itu terjadi ketika ketegangan antara Washington dan Moskow tetap memanas setelah jatuhnya pesawat pengintai militer AS yakni MQ-9 Reaper pada 14 Maret di Laut Hitam. Pesawat pengintai canggih itu jatuh setelah konfrontasi dengan jet tempur Su-27 Rusia di wilayah udara internasional dekat wilayah Crimea.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment