Joe Biden Umumkan Maju Lagi sebagai Capres di Pilpres AS 2024

26 April 2023 09:28
Penulis: Ramses Manurung, news
Presiden AS Joe Biden/ist

Sahabat.com - Usia tak jadi penghalang bagi Joe Biden untuk kembali maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres AS 2024.

Joe Biden yang kini menjabat sebagai Presiden AS telah berusia 81 tahun. 

Dalam video resmi pada Selasa (25/4), Biden melihat kontestasi Pilpres AS di tahun depan sebagai pertarungan untuk melawan ekstremisme Republik. Biden mengaku masih membutuhkan banyak waktu untuk mewujudkan sumpahnya demi memulihkan karakter bangsa AS.

"Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden empat tahun lalu, saya mengatakan bahwa kita sedang berjuang untuk karakter bangsa Amerika. Dan saat ini kita masih berjuang," ujar Biden, Selasa (25/4).

Biden juga menyinggung soal kebebasan yang akan didapat oleh warga AS di beberapa tahun ke depan.

"Pertanyaan yang kita hadapi adalah apakah di tahun-tahun mendatang kita memiliki lebih banyak kebebasan atau lebih sedikit kebebasan. Lebih banyak hak atau lebih sedikit, "kata Biden.

"Saya tahu apa jawaban yang saya inginkan dan saya pikir Anda juga tahu. Ini bukan waktunya untuk berpuas diri. Itu sebabnya saya mencalonkan diri untuk pemilihan kembali," sambungnya.

Langkah Biden juga diikuti oleh Kamala Harris yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden. Melalui unggahan video, Kamala Harris mengumumkan secara resmi sebagai pasangan calon Biden untuk pilpres AS 2024 mendatang.

"Sebagai orang Amerika, kami percaya pada kebebasan dan kemerdekaan-dan kami percaya bahwa demokrasi kita hanya akan diperkuat oleh keinginan kami untuk memperjuangkannya," tulis Kamala.

"Itu sebabnya, Joe Biden dan saya kembali mencalonkan diri untuk pemilu," tambahnya.

Sementara itu, hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos pada Minggu (16/4), Biden hanya mendapat skor 39 persen dukungan dari warga Amerika.

Survei itu dibuat sejak 21 Januari 2021 hingga 16 April 2023, dengan terus mengalami pembaruan setiap bulan.

Di sisi lain, sekitar 45 persen perwakilan Partai Demokrat menilai Biden tidak boleh mencalonkan diri lagi pada pilpres 2024, sementara 48 persen sisanya mendukung sang presiden maju kembali.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment