Kebiasaan Jemaah Indonesia Selfie di Tengah Ibadah Tuai Kritikan Keras dari Imam Besar Masjid Nabawi

03 Mei 2023 05:04
Penulis: Ramses Manurung, news
ILustrasi selfie atau swafoto/ist

Sahabat.com - Imam Besar Masjid Nabawi di Madinah, Syekh Prof Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili mengkritik keras  
kebiasaan selfie atau berswafoto di tengah ibadah yang dilakukan jemaah haji dan umrah asal Indonesia. 

Rekaman video berisi kritikan Syekh Prof Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili tersebut viral di media sosial.

Imam besar Masjid Nabawi itu mengungkapkan bahwa kebiasaan berfoto jemaah Indonesia itu sering menimbulkan masalah bagi berlangsungnya rangkaian ibadah haji dan umrah.

Salah satunya, kata Syekh Prof Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili, agenda khotbah di Masjid Nabawi menjadi sama sekali tidak didengarkan karena jemaah Indonesia lebih memilih berfoto ria.

"Tidak diragukan lagi, manusia bermudah-mudahan dalam hal foto, dan itu sudah jelas. Meskipun di Masjid Nabawi, khotib sedang berkhotbah, mereka selfie. Dia tidak mendengar khotbah sama sekali," ujar Imam Besar Masjid Nabawi, pada Selasa, 2 Mei 2023.

Bahkan ada beberapa jemaah Indonesia yang disebut tak sungkan meminta tolong untuk difotokan saat sedang berdiri di Masjid Nabawi sambil pose sedang berdoa.

Bahkan, mereka rela berbohong hanya untuk melakukan kegiatan berfoto, yakni pose yang menyerupai tengah berdoa namun mereka tidak sama sekali melakukan itu.

Menurut imam itu, kebiasaan berfoto ria yang dilakukan jemaah Indonesia di tengah rangkaian ibadah haji dan umrah, sebenarnya bertujuan untuk dapat dipamerkan ke lingkungannya.

"Mereka terkadang berbohong dalam mengambil foto, permisi tolong ambil gambar saya, bohong padahal dia tidak sedang berdoa," ujar sang Imam sambil memeragakan pose berdoa dengan menengadahkan kedua tangan.

"Akan tetapi jika jemaah Indonesia mengambil foto dan dia pamerkan itu di majelis bahwa dia sedang berdiri di Masjid Nabawi dan sedang berdoa," ujarnya lagi.

Imam besar dari Masjid Nabawi itu menyatakan bahwa kebiasaan berfoto ria di tengah ibadah adalah sesuatu yang hukumnya haram.

Diduga video berisi kritik imam besar Masjid Nabawi itu merupakan video lama. Pasalnya, ada sebuah tulisan "13-18 Syawal 1437 Hijriah" di belakang posisi imam masjid Nabawi itu.

Artinya, video kritik imam besar Masjid Nabawi terhadap jemaah Indonesia itu dipastikan video lama, bahkan terjadi pada 2016 lalu.

Akan tetapi video itu kembali muncul dan viral lewat unggahan pengguna TikTok @edy_her*****89 pada Senin, 1 Mei 2023 kemarin. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment