Kejadian Langka! Turun Salju di Malaysia

10 April 2023 13:28
Penulis: Ramses Manurung, news
Hamparan salju di puncak Gunung Kinabalu/ist

Sahabat.com - Kejadian langka terjadi di Malaysia. Tiba-tiba turun salju di kawasan Gunung Kinabalu.

Fenomena alam langka tersebut diunggah ke media sosial Facebook oleh Dewan Pengawas Taman Sabah atau Sabah Parks di Malaysia. Dikatakan bahwa pada 7 April 2023 antara pukul 02.30-07.00 waktu setempat suhu Gunung Kinabalu mencapai -3 sampai -5 derajat Celsius dengan kelembaban 17 persen. 

"Pembekuan terjadi mulai dari kompleks Gardu Induk Panalaban, Taman Kinabalu, hingga kawasan puncak Kinabalu," tulisnya.

Dalam foto yang diunggah Sabah Parks, terlihat es dan salju berserakkan di pagar, tangga, dan bebatuan gunung. Sabah Parks juga mengimbau para pendaki untuk berhati-hati karena permukaan granit licin akibat pembekuan es.

“Sejauh ini aktivitas pendakian lancar dan terkendali. Tidak ada keadaan darurat/kecelakaan yang dilaporkan/terjadi. Kasus AMS (Acute Mountain Sickness) juga dapat terjadi dengan mudah pada kondisi cuaca yang relatif dingin,” tambah Sabah Parks. 

Fenomena turun salju di Gunung Kinabalu ternyata bukan yang pertama kali. Peristiwa seperti ini dilaporkan hampir setiap tahun, terutama saat musim kemarau pada awal tahun.

Pada Februari 2022, beberapa pendaki mengunggah beberapa foto serpihan es saat suhu sangat rendah di puncak.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment