Kepulauan Mariana di Samudra Pasifik Diguncang Gempa Dahsyat M7, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami di Indonesia

24 November 2023 18:30
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Sahabat.com-Kepulauan Mariana di Samudra Pasifik diguncang gempa bumi berkekuatan dahsyat 7 magnitudo. Gempa terjadi pada Jumat (24/11/2023) pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami di Indonesia.  

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan gempa berada di kedalaman 19 km. Titik koordinat gempa berada di 19,97 derajat Lintang Utara dan 145,68 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 735 km arah Utara Guam.

"Gempa bumi ini tidak berdampak makroseismik karena lokasi gempa jauh dari daratan. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," ujar Daryono, dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: BMKG Data 82 Gempa Susulan Usai Gempa Bumi Laut Banda Magnitudo 7.2

Ia menjelaskan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut (submarine faulting) dalam Lempeng Laut Filipina (intraplate earthquake). Hasil analisis BMKG, gempa memiliki mekanisme pergerakan menurun-geser (oblique normal-fault).

"Hingga pukul 17.01 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 5,4," ucap Daryono.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment