Korban Tewas Gempa Dahsyat Maroko Bertambah jadi 632 Orang

09 September 2023 07:38
Penulis: Ramses Manurung, news
Rumah penduduk hancur akibat gempa dahsyat 6,8 magnitudo mengguncang Maroko/ist

Sahabat.com-Korban tewas akibat gempa dahsyat berkekuatan 6,8 magnitudo yang mengguncang Maroko pada Jumat (8/9/2023) bertambah menjadi 632 orang. Selain itu 329 lainnya luka. 

Kementerian Dalam Negeri Maroko menyatakan, korban masih mungkin bertambah karena belum semua lokasi melaporkan kondisi daerah masing-masing. Selain itu proses pencarian dan penyelamatan masih berlangsung.

Tak hanya korban jiwa, gempa juga menghancurkan banyak bangunan dan infrastruktur di beberapa provinsi. Dampak gempa dirasakan di Provinsi Al Haouz, Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua, dan Taroudant. Seorang pejabat mengatakan, sebagian besar korban tewas berada di daerah pegunungan yang sulit dijangkau.

Wilayah Marrakesh yang posisinya paling dekat dengan pusat gempa mengalami dampak paling parah. Beberapa bangunan di kota tua yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO itu runtuh. Selain itu menara masjid runtuh dan puing-puing menimpa mobil yang diparkir. 

Montasir Itri, seorang warga desa pegunungan Asni mengatakan sebagian besar rumah di daerahnya hancur dan rusak.  

“Tetangga kami ada yang masih terjebak di reruntuhan. Orang-orang berupaya keras untuk menyelamatkan mereka menggunakan sarana yang tersedia di desa,” katanya. 

Baca juga: Maroko Diguncang Gempa Dahsyat M6,8, Ratusan Orang Tewas

Kepanikan dan ketakutan juga dirasakan Houda Hafsi, warga Marrakesh lainnya. 

"Lampu gantung jatuh dari langit-langit dan saya lari keluar. Saya masih dalam perjalanan bersama anak-anak dan kami ketakutan," kata Hafsi, mengutip inewsid.

Guncangan bahkan dirasakan di Ibu Kota Rabat yang jaraknya sekitar 350 km dari titik pusat gempa. Warga Rabat panik dan takut untuk kembali ke rumah.

Di Casablanca, sekitar 250 km dari Ighil, warga bermalam di jalanan karena takut dengan gempa susulan. 

Badan Pusat Geofisika Maroko mengungkap titik pusat gempa berada di wilayah Ighil, Dataran Tinggi Atlas, dengan magnitudo 7,2. Sementara itu Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa bermagnitudo 6,8 pada kedalaman relatif dangkal yakni 18,5 km. Ighil merupakan wilayah dataran tinggi yang terdiri atas beberapa desa serta lahan pertanian kecil. Posisinya sekitar 70 km dari Marrakesh.  

 

 


 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment