Korea Utara Kembali Buka Penerbangan Internasional, Pertama Kali Sejak 2020

23 Agustus 2023 02:54
Penulis: Adiantoro, news
Korea Utara (Korut) kembali membuka penerbangan internasional untuk pertama kali pada Selasa (22/8/2023).  (The Korea Herald )

Sahabat.com - Korea Utara (Korut) kembali membuka penerbangan internasional untuk pertama kali pada Selasa (22/8/2023). 

Melansir Anadolu Agency, momen penting itu ditandai dengan sebuah pesawat penumpang mendarat di Beijing, China, dari ibu kota Pyongyang.

Penerbangan internasional dilanjutkan setelah Kementerian Luar Negeri China mendapat persetujuan untuk Air Koryo beroperasi antara Pyongyang dan Beijing pada Senin (21/8/2023).

Organisasi pariwisata Koryo Tours baru-baru ini mengatakan, Korea Utara akan membuka perbatasannya bagi warganya yang terdampar di luar negeri sejak pandemi untuk kembali ke negara tersebut, lapor NK News.

Pyongyang telah menutup perbatasan secara ketat sejak pandemi Covid-19 menyebar secara luas pada 2020. Pembukaan kembali perbatasan untuk penerbangan ini menjadi langkah baru bagi negara tertutup itu kembali menerima kunjungan.

Menurut laporan NK News, pembukaan kembali penerbangan komersil Internasional ini memiliki tujuan yang lebih besar. Mereka menailai Korea Utara mungkin bermaksud mengirim pekerja ke Rusia sebagai akibat dari kekurangan tenaga kerja yang disebabkan oleh perang di Ukraina.

Tahun lalu, Korea Utara mencapai kesepakatan dengan pemimpin wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina yang dikuasai Rusia. Dalam kesempatan ini, Pyongyang akan mengirim pekerja guna memperbaiki infrastruktur kedua wilayah tersebut, setelah negara itu melonggarkan pengawasan perbatasan.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment