Lawan Subvarian Eris dan Fornax, Moderna Kembangkan Vaksin Covid-19

18 Agustus 2023 07:17
Penulis: Adiantoro, news
Moderna mengeluarkan vaksin Covid-19 yang sudah diperbarui, dan dilaporkan mampu melawan subvarian Eris (EG.5) dan Fornax (FL 1.5.1). (Reuters)

Sahabat.com - Moderna mengumumkan mereka mengeluarkan vaksin Covid-19 yang sudah diperbarui. Vaksin ini dilaporkan sanggup melawan subvarian Eris (EG.5) dan Fornax (FL 1.5.1).

Perusahan farmasi ternama itu berharap, vaksin yang diperbarui ini bisa segera tersedia. Namun, masih menunggu persetujuan regulator kesehatan di Amerika Serikat, Eropa, dan di tempat lainnya dalam beberapa pekan mendatang.

Melansir Reuters, Jumat (18/8/2023), Moderna, bersama produsen vaksin Covid-19 lain, di antaranya Novavax, Pfizer, dan BioNTech SE telah membuat vaksin yang ditujukan untuk subvarian XBB.1.5.

Eris sendiri merupakan sebutan untuk subvarian EG.5, yang mirip dengan subvarian XBB.1.5 dan sub-lineage dari varian Omicron yang masih dominan.

EG.5 telah menyumbang sekitar lebih dari 17 persen kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS), menurut data pemerintah terbaru. Infeksi akibat subvarian Fornax, juga meningkat di seluruh Negara Paman Sam itu

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan EG.5 sebagai interest varian yang menunjukkan, jika itu harus diawasi lebih dekat dibandingkan yang lain karena mutasi yang mungkin membuatnya lebih menular atau parah.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment