Lawan Varian Eris, Singapura Siapkan Stok Vaksin Covid-19

19 Agustus 2023 06:47
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Vaksin Covid-19. (Reuters)

Sahabat.com - Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura pada Jumat (18/8/2023) mengatakan, akan terus memastikan stok vaksin Covid-19 terbaru tersedia untuk merespon munculnya varian baru EG.5 atau disebut varian Eris dari Amerika Serikat (AS). 

"Kementerian Kesehatan akan terus memantau perkembangan vaksin dengan cermat dan memastikan ketersediaan vaksin terbaru di Singapura jika dinilai sesuai dengan situasi lokal," demikian pernyataan MOH Singapura, seperti dilansir dari Channel News Asia (CNA), Sabtu (19/8/2023).

Vaksin penguat (booster) Covid-19 baru, diharapkan tersedia di AS pada September untuk mengatasi varian tersebut. Vaksin Covid-19 ini dirancang untuk menargetkan varian XBB.1.5, yang merupakan subvarian dari Omicron.

EG.5 mirip dengan XBB.1.5 meskipun subvarian yang lebih baru membawa satu mutasi pada protein lonjakannya. Suntikan booster masih perlu disahkan oleh Food and Drug Administration AS dan direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Varian Eris (EG.5) telah ditemukan di lebih dari 50 negara pada 8 Agustus, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini adalah subvarian Covid-19 yang paling umum dan cepat menginfeksi di AS.

Diperkirakan varian Eris bertanggung jawab menjadi penyebab sekitar 17 persen kasus Covid-19 di negara Paman Sam saat ini. MOH mengatakan vaksin Covid-19 yang ada dalam program vaksinasi nasional terus memberikan perlindungan yang baik terhadap penyakit parah.

Ditambahkannya, jumlah rawat inap dan penerimaan unit perawatan intensif baru dari Covid-19 di Singapura tetap stabil.  Awal bulan ini, MOH mengatakan sekitar 18 persen dari kasus Covid-19 baru-baru ini di Singapura terinfeksi subvarian EG.5 Omicron.

WHO telah mengklasifikasikan EG.5, sebagai interest varian, yang menunjukkan jika itu harus diawasi lebih dekat daripada yang lain karena mutasi yang mungkin membuatnya lebih menular atau parah.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment