Lebih dari 22 Juta Jamaah Kunjungi Masjidil Haram dalam 20 Hari Pertama Ramadhan

14 April 2023 07:39
Penulis: Adiantoro, news
Pemandangan umum umat Islam melaksanakan salat Isya di Masjidil Haram saat bulan suci Ramadhan, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 11 April 2023. (SPA)

Sahabat.com - Lebih dari 22 juta jamaah telah mengunjungi Masjidil Haram di Arab Saudi selama 20 hari pertama Ramadhan.

Laporan itu diungkapkan Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Sheikh Dr Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais. Demikian dikutip dari Al Arabiya, Jumat (14/4/2023).

"Sheikh Dr Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais mengatakan itu mengikuti strategi operasional yang terperinci untuk memastikan sejumlah besar jamaah dan peziarah dapat mengunjungi situs tersebut dan melakukan ritual mereka dengan mudah," lapor kantor berita negara Saudi Press Agency (SPA).

Ramadhan, yang dimulai pada 23 Maret, melihat gelombang besar jamaah umrah dan umat Islam ke tempat-tempat suci di Arab Saudi.

Rencana terperinci yang bertujuan untuk memfasilitasi pengalaman jamaah selama hari-hari terakhir Ramadhan dan untuk memastikan layanan berkualitas tinggi mulai berlaku pada Selasa (11/4/2023).

Rencananya termasuk mencuci Masjidil Haram 10 kali sehari oleh lebih dari 4.000 pekerja. Lebih dari 70 tim juga akan beroperasi sepanjang waktu untuk membersihkan seluruh area masjid.

"Teknologi kecerdasan buatan juga akan digunakan untuk melakukan operasi disinfeksi di Masjidil Haram," terang Haidar.

Dia menambahkan 11 robot akan melakukan tugas ini hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia. Rencananya juga menyediakan sekitar 8.000 kendaraan, termasuk 3.000 yang bertenaga listrik, untuk mengangkut jamaah dari tempat parkir ke tempat ibadah. Jamaah dapat memesan terlebih dahulu melalui aplikasi Tanaqol.

Lebih dari 160 anggota staf akan dikerahkan di pintu Masjidil Haram untuk memfasilitasi pintu masuk dan keluar jamaah dan untuk membantu pertanyaan apa pun. Mengenai pemeliharaan, Kepresidenan telah menyediakan lebih dari 90 insinyur dan teknisi di Masjidil Haram dan halamannya di mana terdapat lebih dari 200 eskalator listrik dan 14 lift.

Kepresidenan mendesak jamaah dan pelaku umrah untuk mematuhi semua instruksi di Masjidil Haram dan mencatat jika kerja sama dengan petugas keamanan diperlukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment