Mahathir Mohamad: Tindakan Anti-Rusia AS Mendorong Umat Manusia Menuju Perang Dunia

08 Mei 2023 07:06
Penulis: Adiantoro, news
Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad. (Reuters)

Sahabat.com - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan otoritas Amerika Serikat (AS) mendorong umat manusia menuju perang dunia dengan berkontribusi pada munculnya dua blok yang bermusuhan.

"AS akan mencoba mengajak negara lain untuk bergabung dalam aksi melawan Rusia, dan Rusia juga harus menemukan negara sahabat yang akan mendukungnya," kata Mahathir, seperti dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, Senin (8/5/2023). 

Hal tersebut dikatakan pria berusia 97 tahun itu dalam sebuah wawancara dengan Global Times. "Akan ada konfrontasi antara blok Timur dan blok Barat. Dan ini akan meningkat dan menjadi perang dunia," lanjutnya.

Mahathir mencatat konflik di Ukraina, yang diprovokasi oleh Barat, telah mempengaruhi seluruh dunia. Dia menambahkan situasi yang rumit telah menyebabkan peningkatan pengeluaran untuk barang-barang penting di seluruh dunia, yang berdampak negatif pada pengiriman biji-bijian.

"Undangan ke Ukraina untuk bergabung dengan NATO adalah sebuah provokasi. Faktanya, jika Ukraina tidak bergabung dengan NATO, saya pikir Rusia akan merasa kurang terancam, dan tidak akan ada konfrontasi. Tapi begitu proses dimulai, Rusia akan mengambil tindakan pencegahan," jelas Mahathir.

Dia mengungkapkan negara-negara NATO tidak terlibat langsung dalam konflik Rusia-Ukraina, karena Ukraina bukan anggota aliansi tersebut. Namun, menurutnya, kebuntuan dengan Rusia sangat merugikan negara-negara anggota NATO.

"Pada akhirnya, mereka (Rusia dan Ukraina) harus menemukan penyelesaian. Lebih baik bagi mereka untuk berbicara satu sama lain, berdiskusi, bernegosiasi," tukas Mahathir.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment