Penjahat Dunia Maya Gunakan Cangkang Wyoming untuk Peretasan Global

15 Desember 2023 23:52
Penulis: Arfa Gandhi, news
Penjahat Dunia Maya Gunakan Cangkang Wyoming untuk Peretasan Global

Sahabat.com - Reporter Somalia Abdalle Ahmed Mumin sangat tertekan ketika dia mendengar seorang rekannya telah diculik oleh orang-orang bersenjata bertopeng di Universitas Mogadishu pada pagi hari tanggal 17 Agustus.

Seorang rekan jurnalisnya hilang dan Mumin – ketua Sindikat Jurnalis Somalia – tidak punya banyak cara untuk menyebarkan berita. Sabotase digital telah membuat situs web dan akun email sindikatnya menjadi offline beberapa hari sebelumnya.

“Saya masih bisa merasakan rasa frustrasinya,” kata Mumin kepada Reuters. “Hubungan kami dengan dunia luar, dengan media internasional, adalah situs web kami.”

Hanya setelah mendapatkan bantuan dari Qurium, sebuah organisasi nirlaba asal Swedia yang melakukan pekerjaan pertahanan digital untuk organisasi berita dan organisasi nirlaba, Mumin dapat memulihkan situsnya dan memberikan peringatan yang tepat mengenai reporter yang hilang tersebut.

Ketika Qurium menyelidikinya, mereka akhirnya melacak sumber pemadaman listrik ke tempat yang mengejutkan, Wyoming.

Meskipun Qurium mengatakan pihaknya tidak dapat mengetahui siapa yang memicu serangan siber tersebut, pihaknya menemukan bahwa sabotase tersebut dilakukan dengan bantuan PT, atau LLC, yang berbasis di negara bagian barat yang luas. .

Reuters menemukan bahwa ini adalah satu dari setidaknya tiga kasus dalam empat bulan terakhir di mana para pembela digital melibatkan Wyoming LLC dalam aktivitas peretasan tingkat tinggi.

Wawancara dengan setengah lusin pakar teknologi dan kepatuhan serta korban peretasan seperti Mumin menunjukkan bahwa negara yang dulu dikenal sebagai tempat perlindungan bagi bandit abad ke-19 kini melayani penjahat abad ke-21.

“Ini adalah Wild, Wild West yang virtual,” kata Sarah Beth Felix, yang menjalankan Palmera Consulting, sebuah perusahaan penasihat anti pencucian uang.

Dia mengatakan negara membuat pendaftaran perusahaan cangkang anonim begitu mudah sehingga penjahat asing "tidak perlu secara fisik berada di Wyoming untuk bersembunyi di Wyoming."

Joe Rubino, penasihat umum Kantor Sekretaris Negara Wyoming, yang bertanggung jawab mendaftarkan badan usaha negara bagian, mengatakan rekan-rekannya mengambil informasi yang ditandai oleh Reuters “untuk ditinjau dan diselidiki lebih lanjut.”

Dia menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Wyoming, Chuck Gray, mendukung gagasan undang-undang baru "untuk mencegah penyalahgunaan sistem pengarsipan perusahaan Wyoming oleh entitas asing" namun badan legislatif negara bagian belum mengambil tindakan atas masalah tersebut.

Reuters tidak dapat menentukan seberapa sering penjahat dunia maya menggunakan Wyoming LLC, namun Tord Lundstrom, direktur teknis Qurium, mengatakan bahwa mereka mendapat dukungan dari penjahat dunia maya yang menggunakannya untuk membantu menyebarkan lalu lintas internet mereka karena berasal dari dalam Amerika Serikat, sebuah trik yang berharga bagi para peretas. berupaya menerobos pertahanan digital yang cenderung menandai atau memblokir lalu lintas web yang berasal dari lokasi yang kurang dipercaya, seperti Rusia atau Iran.

LLC, seperti halnya korporasi, melindungi pemiliknya dari bentuk tanggung jawab tertentu tetapi cenderung lebih mudah untuk didirikan. Karena Wyoming mengizinkan agen terdaftar – perwakilan negara bagian – untuk bertindak sebagai titik kontak publik untuk LLC, kepemilikan mereka dapat dirahasiakan dari masyarakat luas.

Wyoming bukan satu-satunya yang mengizinkan perusahaan cangkang anonim – Delaware dan Nevada memiliki penawaran serupa – namun Lundstrom mengatakan para peretas lebih menyukai Wyoming LLC karena mereka diiklankan sebagai perusahaan yang hemat biaya dan ramah pengguna.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment