Perang Rusia vs Ukraina Makin Sengit, Giliran Moskow Dibombardir Drone

30 Mei 2023 07:04
Penulis: Ramses Manurung, news
Sebuah bangunan di kota Moskow Rusia terbakar usai diserang drone diduga milik Ukraina/ist

Sahabat.com-Perang Rusia vs Ukraina yang sudah berkecamuk selama kurang lebih satu tahun tampaknya semakin jauh dari harapan segera berakhir dan terjadi perdamaian. Pasalnya, kini serangan mulai terjadi di wilayah Rusia.

Dilaporkan ibu kota Rusia, Moskow diteror serangan pesawat tak berawak (drone) pada Selasa (30/5) pagi waktu setempat.

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan serangan menyebabkan kerusakan "kecil" pada sejumlah bangunan. Ia menegaskan beruntung tak ada korban akibat serangan itu.

"Pagi ini, saat fajar, serangan drone menyebabkan kerusakan ringan pada beberapa bangunan. Semua layanan darurat kota berada di lokasi. Sejauh ini tidak ada yang terluka parah," kata Sobyanin.

Ia menjelaskan sejumlah warga sedang dievakuasi menjauh dari lokasi serangan.

Terpisah, Gubernur wilayah Moskow, Andrei Vorobyov, mengatakan beberapa drone berhasil ditembak jatuh saat mendekati Moskow.

Pihak militer mengklaim menembak jatuh sekitar empat hingga 10 drone di pinggiran Moskow dan di wilayah sekitarnya.

Serangan drone ini berlangsung tak lama setelah kota Belgorod di perbatasan Rusia dekat Ukraina juga diserang oleh kelompok anti-Putin.

Dua drone dikabarkan juga sempat menyusup terbang di atas Istana Kepresidenan Kremlin hingga terpaksa ditembak jatuh pihak keamanan Rusia. Moskow menuding Ukraina berada di balik upaya serangan drone itu dan sengaja ingin menargetkan Presiden Vladimir Putin.

Ukraina membantah terlibat dengan serangan drone itu dan malah menuding insiden itu dibuat-buat Moskow agar bisa memiliki alasan untuk melancarkan serangan lebih besar terhadap negaranya.

Serangkaian serangan di tanah Rusia ini berlangsung kala invasi Moskow ke Ukraina terus berlangsung, meski agresi yang telah berjalan setahun lebih ini dinilai sejumlah pihak berjalan lambat dan kacau.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment