Perkuat Hubungan, Rusia Gelar Latihan Angkatan Laut dengan China dan Iran

16 Maret 2023 08:05
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Rusia mengatakan telah memulai latihan Angkatan Laut dengan China dan Iran di Laut Arab. (Istimewa/The Guardian)

Sahabat.com - Rusia pada Rabu (15/3/2023) mengatakan telah memulai latihan Angkatan Laut dengan China dan Iran di Laut Arab.

Negara Beruang Merah itu sedang berupaya memperkuat hubungannya dengan Beijing dan Teheran.

Dalam pernyatannya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan latihan trilateral yang disebut sebagai "Marine Security Belt 2023" itu, telah dimulai di sekitar pelabuhan Chabahar Iran.

Di mana latihan di pelabuhan ini juga akan berlangsung pada Kamis (16/3/2023) dan Jumat (17/3/2023). Rusia akan diwakili kapal tempur jenis fregat, admiral Gorshkov, dan sejumlah kapal tanker berukuran sedang.

Dalam latihan itu, kapal-kapal tersebut akan melakukan 'manuver bersama dan melakukan tembakan artileri pada siang dan malam hari," kata pernyataan itu, seperti dilaporkan AFP, Kamis (16/3/2023).

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berupaya meningkatkan hubungan politik, ekonomi dan militer dengan China dan Iran setelah dia mengirim pasukan ke Ukraina setahun yang lalu, yang memicu serangkaian sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment