Presiden Chili Ganti 5 Menteri, Ini Alasannya

11 Maret 2023 02:37
Penulis: Adiantoro, news
Presiden Chili Gabriel Boric. (Istimewa)

Sahabat.com - Presiden Chili Gabriel Boric mengganti lima menteri kabinet pada Jumat (10/3/2023). Hal itu dilakukan satu hari sebelum menyelesaikan tahun pertamanya menjabat sebagai kepala negara.

Penggantian itu dilakukuan guna meningkatkan kemampuan respons pemerintah dalam menanggapi dan mengelola keadaan darurat yang dihadapi negara dan warga.

"Tujuan dari penggantian ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kita dalam menanggapi dan mengelola keadaan darurat yang dihadapi negara dan warga kita hari ini," kata Boric dari Istana Kepresidenan La Moneda, usai melakukan pergantian menteri, dikutip dari Xinhua, Sabtu (11/3/2023).

Pengganti Antonio Urrejola sebagai Menteri Luar Negeri adalah Alberto van Klaveren, yang merupakan Duta Besar Chili untuk Uni Eropa (UE), Belgia dan Luxembourg, dan agen di Mahkamah Internasional di Den Haag.

Kemudian Jessica Lopez, yang menjabat sebagai presiden Banco del Estado de Chile dan Asosiasi Perusahaan Layanan Kesehatan Nasional, ditunjuk sebagai Menteri Pekerjaan Umum, menggantikan Juan Carlos Garcia.

Selanjutnya, Menteri Kebudayaan, Seni, dan Warisan yang baru diangkat, Jaime de Aguirre, mantan direktur Televisi Nacional de Chile, Chilevision dan Canal 13, menggantikan Julieta Brodsky.

Lalu, Jaime Pizarro, pensiunan pemain sepak bola dan mantan Wakil Sekretaris Institut Olahraga Nasional, akan menggantikan Alexandra Benado sebagai Menteri Olahraga.

Sementara Aisen Etchevarry, mantan Direktur Badan Penelitian dan Pengembangan Nasional Chili dan Dewan Nasional Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Pengetahuan dan Inovasi untuk Pembangunan, diangkat sebagai kepala Kementerian Sains, Teknologi, Pengetahuan dan Inovasi, menggantikan Silvia Diaz. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment