Protes Rusia Soal Tindakan Provokatif Amerika Serikat di Suriah

01 April 2023 03:48
Penulis: Adiantoro, news
Pasukan Amerika Serikat berpatroli di pedesaan Provinsi Al-Hasakah Suriah dekat perbatasan Turki, pada 18 Februari 2023. (AFP)

Sahabat.com - Wakil Pusat Rusia untuk Rekonsiliasi Pihak-Pihak yang Bertikai di Suriah, Laksamana Muda Oleg Gurinov mengatakan pasukan pendudukan Amerika Serikat (AS) di Provinsi Al-Hasakah Suriah telah terlibat dalam tindakan provokatif, yang disertai dengan protes resmi Moskow.

Setelah klaim Washington soal aktivitas kelompok perlawanan di Suriah terhadap tentara AS, Rusia mengungkapkan tindakan provokatif pasukan koalisi pimpinan AS di Suriah utara.

Gurinov mengungkapkan pada Jumat (31/3/2023) malam waktu setempat, pasukan pendudukan AS telah terlibat dalam tindakan provokatif di Provinsi Al-Hasakah yang terletak di utara Suriah. 

"Tindakan provokatif unit Angkatan Bersenjata AS telah tercatat di Provinsi Al-Hasakah. Selama patroli bersama Rusia dan Turki, pergerakan dua patroli koalisi anti-teroris dilacak di rute yang tidak ditentukan," ujar Gurinov, seperti dilansir dari kantor berita TASS, Sabtu (1/4/2023).

Dijelaskannya, Rusia telah menyatakan protes resminya terhadap tindakan provokatif AS. Gurinov juga menegaskan pelanggaran perjanjian penyelesaian konflik oleh aliansi Barat telah membahayakan keseimbangan kekuatan yang rapuh yang dicapai oleh upaya Rusia di wilayah dan berdampak negatif terhadap perkembangan.

Lebih lanjut, dia menginformasikan dalam 24 jam terakhir tercatat empat kasus penembakan di area de-eskalasi Idlib dari posisi kelompok teroris Jabhat Al-Nusra dan Partai Turkistan Islam di Suriah.

Gurinov menambahkan seorang tentara Suriah terluka dalam penembakan oleh penembak jitu teroris terhadap pasukan pemerintah.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment