Rusia Kembali Denda Wikipedia Rp367 juta, Gegara Tolak Hapus Artikel tentang Invasi ke Ukraina

15 April 2023 03:26
Penulis: Ramses Manurung, news
Ilustrasi laman Wikipedia/ist

Sahabat.com - Wikipedia kembali dijatuhi sanksi denda oleh Pengadilan Rusia, pada Kamis, 13 April 2023. Denda sebesar 2 juta rubel (setara dengan sekitar Rp 367 juta) dijatuhkan Pengadilan Rusia lantaran Wikipedia menolak untuk menghapus artikel dalam bahasa Rusia tentang invasi negara tersebut ke Ukraina. 

Adapun artikel yang dipersoalkan oleh Rusia adalah artikel berjudul Pendudukan Rusia di Oblast Zaporizhzhia. Namun Wikimedia Foundation, pemilik Wikipedia bersikukuh menolak keinginan Rusia untuk menghapus artikel tersebut.

Pada September 2022, Rusia mengadakan referendum yang dinilai palsu untuk mengklaim seluruh wilayah Oblast Zaporizhzhia di Ukraina, meski sebenarnya hanya berhasil menduduki sebagian wilayah tenggara Oblast tersebut.

Ini kali kedua Wikimedia Foundation disanksi denda oleh Rusia. Sebelumnya, Wikimedia Foundation juga telah dikenakan denda sebesar 5 juta rubel (setara dengan Rp 1,2 miliar) oleh Rusia karena menolak untuk menghapus artikel-artikel yang membahas tentang invasi Rusia ke Ukraina. Artikel-artikel tersebut dinilai sebagai disinformasi.

Setelah setahun lebih melakukan invasi ke Ukraina, Rusia kini juga gencar melakukan perang informasi di dalam negeri dengan mengkriminalisasi penyebaran berita yang dianggap palsu mengenai perang dan militer Rusia. Bagi pelanggar, hukuman penjara 15 tahun pun menanti.

Bahkan pada 6 April 2023 lalu, jaksa di Rusia telah menuntut hukuman penjara selama 25 tahun untuk jurnalis terkenal Kremlin, Vladimir Kara-Murza, atas tuduhan melakukan pengkhianatan, menyebarkan "informasi palsu" tentang militer Rusia, dan memfasilitasi kegiatan "organisasi yang tidak diinginkan".

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment