Tabrakan Jet Tempur India di Udara, Satu Pilot Tewas

28 Januari 2023 11:33
Penulis: Adiantoro, news
Laporan media lokal mengatakan puing-puing jet tempur itu ditemukan di Bharatpur di Rajasthan dan Morena di Madhya Pradesh yang bertetangga. (Reuters)

Sahabat.com - Seorang pilot tewas setelah dua jet tempur Angkatan Udara India jatuh usai tabrakan di udara di India tengah.

"Pesawat-pesawat itu sedang dalam misi pelatihan terbang operasional rutin ketika insiden terjadi," kata Angkatan Udara dalam pernyataannya, seperti dilaporkan BBC, Sabtu (28/1/2023).

Kedua pesawat lepas landas dari pangkalan udara Gwailor di Madhya Pradesh, sekitar 50 km bagian timur dari lokasi pesawat jatuh.

Angkatan udara telah memerintahkan penyelidikan guna mencari tahu penyebab kecelakaan itu. Dimana kecelakaan itu melibatkan Sukhoi Su-30 buatan Rusia yang membawa dua pilot, dan Mirage 2000 buatan Prancis, yang diterbangkan oleh satu pilot.

Laporan media lokal mengatakan puing-puing jet tempur itu ditemukan di Bharatpur di Rajasthan dan Morena di Madhya Pradesh yang bertetangga.

Petugas polisi Dharmender Gaur, di salah satu tempat di mana puing-puing ditemukan, mengatakan kepada kantor berita AFP, seorang pilot ditemukan terluka tetapi masih hidup di hutan Padargarh.

"Kami telah menemukan reruntuhan salah satu pesawat," kata petugas itu.

"Pesawat lain kemungkinan jatuh lebih jauh dari lokasi dan kami telah mengirim tim untuk menemukannya," lanjutnya.

Kepala Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan mengatakan pemerintah setempat telah diinstruksikan untuk membantu upaya penyelamatan dan bantuan angkatan udara.

Insiden itu adalah yang terbaru dari serangkaian kecelakaan penerbangan yang melibatkan angkatan udara militer India.

Pada Oktober tahun lalu, lima tentara tewas ketika helikopter mereka jatuh di negara bagian Arunachal Pradesh, dekat perbatasan dengan China, sementara pada Desember 2021, kepala angkatan bersenjata India, Jenderal Bipin Rawat, termasuk di antara lebih dari belasan orang yang tewas ketika helikopter mereka jatuh usai menabrak lereng bukit dan terbakar di negara bagian Tamil Nadu.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment