Taman Tulip Terbesar di Asia Ada di Kashmir, Siap Sambut Pengunjung Mulai 19 Meret 2023

13 Maret 2023 02:38
Penulis: Adiantoro, news
Bunga Tulip bermekaran di dalam Taman Tulip terbesar di Asia di kaki bukit Pegunungan Zabarwan yang menghadap ke Danau Dal, di Srinagar pada Sabtu, 11 Maret 2023. Taman tersebut dijadwalkan dibuka untuk umum pada 19 Maret. (PTI)

Sahabat.com - Taman Tulip Indira Gandhi (Indira Gandhi Tulip Garden) merupakan taman tulip terbesar di Asia.

Taman Tulip ini berada diantara Danau Dal dan Pegunungan Zabarwan, di kawasan Kota Srinagar, Lembah Kashmir. Srinagar adalah kota terbesar dan ibu kota musim panas Jammu dan Kashmir, India.

Pada Maret 2023, aneka bunga Tulip itu sedang mekar penuh warna, dan siap menyambut para wisatawan yang berkunjung pada pekan depan. Warna-warni yang membuat pola pelangi, seperti warna merah, oranye, ungu, putih, merah muda, dan kuning.

Taman Tulip yang luas dengan warna bervariasi membuat taman ini terlihat seperti karpet sutra dengan desain yang rumit.

"Persiapan seperti berkebun, teknik, perawatan fungisida, penyemprotan nutrisi, dan perbaikan kecil yang kami lakukan sebelum festival Tulip berlangsung," kata Penanggung Jawab Taman Tulip, Inam-ul-Rehman, seperti dikutip dari The Indian Expres, Senin (13/3/2023).

Dia mengungkapkan taman yang telah menjadi landmark terkenal di seluruh negeri ini, akan dibuka untuk umum mulai 19 Maret 2023.

Selain 1,5 juta Tulip dengan berbagai warna dan corak, taman yang juga dikenal sebagai Siraj Bagh ini akan memamerkan bunga musim semi lainnya seperti eceng gondok, daffodil, muscari, dan cyclamen.

"Setiap tahun kami memperluas taman ini dan varietas baru ada di sini. Tahun ini kami telah memperluas saluran air mancur. Ini bisa menjadi contoh profesionalisme berkebun di seluruh dunia," tambah Rehman.

Dia mengatakan akan ada pelangi warna Tulip tahun ini mulai dari kuning, merah, merah tua, ungu dan putih. "Di bawah bayang-bayang pegunungan Zabarwan, memberikan suasana yang baik pada taman ini. Itu sebabnya orang-orang menyukai taman ini," imbuhnya.

Sementara itu, Pengawas Taman Tulip, Mushtaq Ahmad Mir mengatakan, persiapan Taman Tulip sudah mencapai puncaknya, dan siap untuk dibuka pekan depan. Dia berharap banyak pengunjung yang datang di Taman Tulip ini. Pekerjaan berlangsung siang dan malam. Kami memiliki banyak pertanyaan dari luar Kashmir, mengenai pembukaan taman," ucapnya.

"Tahun lalu, ini adalah musim yang bagus di sini karena kami memiliki dua ratus ribu pengunjung dan kami berharap kali ini akan lebih baik," ungkap Ahmad Mir.

Indira Gandhi Tulip Garden merupakan Taman Tulip seluas 30 ha, dengan 48 varietas bunga tulip, yang menjadi taman tulip terbesar di Asia. Taman ini dibuka pada 2008, yang merupakan gagasan dari Ghulam Nabi Azad, mantan Ketua Menteri Jammu dan Kashmir pada 2006-2007.

Tujuan pembuatan taman ini adalah untuk meningkatkan pemeliharaan bunga dan memajukan pariwisata di Lembah Kashmir. Kendati bunga Tulip ini mekar hanya berlangsung selama tiga hingga lima pekan, namun pengelola taman ini berupaya keras sepanjang tahun untuk memastikan kualitas bunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae itu tetap terjaga dari tahun ke tahun.

"Kami berupaya sepanjang tahun menyiapkan taman untuk periode mekar pada Maret-April, Kemudian kami memeriksa Tulip dari penyakit. Pada Mei dan Juni, kami mulai panen yang memakan waktu tiga bulan," sebut Ahmad Mir.

Penggalian tanah dan penambahan pupuk, kata dia, dilakukan pada Oktober. "Pada November, kami menabur umbi Tulip. Sepanjang tahun, tukang kebun sibuk dengan ini," tambahnya.

Sedangkan salah satu tukan kebun di Taman Tulip ini, Mohammad Maqbool mengungkapkan, bunga Tulip adalah bunga yang sangat halus dan hanya mekar pada suhu rendah. "Tulip adalah bunga yang sangat halus. Mereka tidak dapat bertahan hidup di suhu panas dan hanya mekar di suhu rendah," urai Maqbool.

Diketahui, seperti dikutip dari Wikipedia, bunga Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga. Tulip berasal dari Asia Tengah. Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turkiye. 

Taman Tulip bukan hanya di negeri Belanda, tapi juga ada di beberapa negara lainnya. Beberapa di antaranya yang terkenal ada di Emirgan Park (Turkiye), Tonami Tulip Fair (Jepang), Shanghai Flower Port (China), Agassiz Tulip Festival (Kanada), Skagit Valley Tulip Festival Washington (AS), dan Indira Gandhi Tulip Garden Kashmir (India).

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment