Tangkal Penularan Varian Terbaru, AS Desak Warga Suntik Vaksin Booster Covid-19

21 Agustus 2023 04:01
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Vaksin Covid-19. (Reuters)

Sahabat.com - Pemerintahan Joe Biden berencana mendesak semua warga Amerika Serikat (AS) untuk mendapatkan suntikan penguat (booster) virus corona (Covid-19) pada musim gugur ini.

Upaya itu dilakukan guna melawan gelombang infeksi baru, kata seorang pejabat Gedung Putih pada Minggu (20/8/2023). Demikian dilansir dari Reuters.

Pejabat itu mengatakan meskipun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan adanya peningkatan infeksi dan pasien yang dirawat di rumah sakit akibat virus tersebut. Namun, secara keseluruhan diakui tingkat infeksi tersebut masih rendah.

Pada Kamis (17/8/2023), Moderna mengatakan, data awal menunjukkan vaksin Covid-19 yang diperbarui efektif melawan subvarian "Eris" dan "Fornax" pada manusia.

Moderna dan pembuat vaksin Covid-19 lainnya, seperti Novavax, Pfizer, dan mitra Jerman BioNTech SE telah membuat versi vaksin mereka yang ditujukan untuk subvarian XBB.1.5.

Dengan tetap menunggu persetujuan dari regulator kesehatan di AS dan Eropa, perusahaan-perusahaan itu berharap vaksin yang telah diperbarui akan tersedia dalam beberapa pekan mendatang untuk musim vaksinasi musim gugur.

"Kami akan mendorong semua orang Amerika untuk mendapatkan suntikan itu sebagai tambahan dari suntikan flu dan suntikan RSV," kata pejabat itu, merujuk pada Respiratory Syncytial Virus.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment