Tim Medis Arab Saudi Selamatkan Jamaah Haji Indonesia, Sempat Alami Henti Jantung 8 Menit

16 Juni 2023 07:36
Penulis: Adiantoro, news
Tim medis di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah, Arab Saudi, menyelamatkan nyawa seorang jamaah haji wanita asal Indonesia, yang jantungnya sempat berhenti selama delapan menit. (Saudi Gazette)

Sahabat.com - Tim medis di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah, Arab Saudi, menyelamatkan nyawa seorang jamaah haji wanita asal Indonesia, yang jantungnya sempat berhenti selama delapan menit.

Melansir Saudi Gazette, Jumat (16/6/2023), jamaah haji tersebut dilaporkan mengalami serangan jantung setelah pesawat mendarat. Klaster Kesehatan Madinah menyatakan, tim medis di Pusat Pengendalian Kesehatan Bandara menerima panggilan darurat.

Diberitahukan seorang jamaah haji pingsan di longue kedatangan internasional tak lama setelah pesawatnya mendarat. Tim medis di bandara langsung merespon dengan cepat.

Mereka menemukan jantung jamaah haji tidak lagi berdetak dan langsung melakukan resusitasi kardiopulmoner (CPR) dua kali, hingga denyut nadinya pulih dan kondisinya menjadi normal. Jamaah haji wanita itu lalu dipindahkan ke rumah sakit setelah kondisinya stabil.

Diketahui, Pusat Kontrol Kesehatan di bandara telah menerima 90.104 jamaah haji sejak awal musim haji tahunan. Layanan ini diberikan melalui pusat utama dan unit kesehatan sementara di dalam bandara. 

Disebutkan, total ada 87.857 jamaah telah mendapat manfaat dari layanan pencegahan yang disediakan oleh pusat tersebut. Selain itu, Klaster Kesehatan juga menyebutkan, jumlah penerima manfaat layanan pengobatannya mencapai 2.218 pasien. Sebanyak 29 kasus dirujuk ke rumah sakit di daerah untuk melanjutkan pengobatan.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment