Tim Medis Arab Saudi Selamatkan Nyawa Jamaah Haji Asal Irak, Derita Peradangan dan Pembengkakan Ginjal

17 Juni 2023 04:47
Penulis: Adiantoro, news
Tim medis dari Rumah Sakit spesialis King Faisal, Makkah, Arab Saudi, berhasil melakukan prosedur darurat untuk menyelamatkan nyawa seorang jamaah haji lansia (lanjut usia) berusia 70-an tahun asal Irak. (Istimewa/Arab News)

Sahabat.com - Tim medis dari Rumah Sakit spesialis King Faisal, Makkah, Arab Saudi, berhasil melakukan prosedur darurat untuk menyelamatkan nyawa seorang jamaah haji lansia (lanjut usia) berusia 70-an tahun asal Irak.

Juru bicara Klaster Kesehatan Makkah, Hatem Al-Masoudi mengatakan, jamaah dibawa ke unit gawat darurat rumah sakit oleh Bulan Sabit Merah setelah mengeluh sembelit, mual, dan kelelahan yang parah.

"Setelah dilakukan pemeriksaan klinis, laboratorium, dan radiologis, jamaah haji mengalami peradangan dan pembengkakan yang parah di ginjal kiri dengan abses yang menyebabkan suhu tinggi dan menyebabkan keracunan darah," kata Al-Masoudi, seperti dilansir dari Arab News, Sabtu (17/6/2023). 

Tim medis melakukan operasi darurat untuk mengangkat ginjal kiri pasien. Berdasarkan statistik hingga 60 persen pasien dengan kondisi tersebut meninggal.

Al-Masoudi mengatakan, operasi yang berlangsung selama enam jam itu dilakukan oleh tim integratif urolog, ahli bedah, dan ahli anestesi. Setelah operasi, pasien dipindahkan ke unit perawatan intensif, di mana kondisinya stabil.

Menurut Al-Masoudi, jamaah haji asal Irak itu sudah hampir setahun menderita sakit di ginjal kiri, namun kondisinya tidak terdiagnosis.

"Operasi khusus jenis ini membutuhkan kehadiran tim yang terpadu dan terspesialisasi, dan inilah yang membedakan bidang kesehatan di Makkah. Pemerintah Saudi telah melayani warganya, penduduk, dan pengunjung dengan keahlian medis terkemuka dan sejumlah peralatan canggih untuk memberi mereka layanan perawatan kesehatan berkualitas yang sebanding dengan negara-negara terbaik di dunia," tukasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment