Truk Tabrak Kerumunan Warga di Kenya, 49 Orang Tewas

01 Juli 2023 13:23
Penulis: Ramses Manurung, news
49 orang tewas akibat ditabrak truk di Kenya/ist

Sahabat.com-Kecelakaan maut yang merenggut nyawa puluhan orang terjadi di Kenya. Sebanyak 49 orang dilaporkan tewas akibat ditabrak sebuah truk yang kehilangan kendali. Para korban yang sedang berkerumun di persimpangan jalan tak sempat menyelamatkan diri ketika tiba-tiba sebuah truk lepas kendali lalu berbelok tajam menabrak beberapa kendaraan pada Jumat (30/6) malam waktu setempat. 

Kecelakaan terjadi di jalan raya antara kota tepi danau Nakuru dan Kericho, daerah yang terkenal dengan perkebunan tehnya yang subur. 

Tim penyelamat, pada Sabtu (1/7/2023) masih terus bekerja untuk membersihkan bangkai kendaraan di mana lebih banyak korban dikhawatirkan terperangkap.

Nasib pengemudi truk itu hingga kini belum jelas

"Sayangnya kita kehilangan 49 orang dalam kecelakaan di sini di Londiani," kata Menteri Transportasi Kipchumba Murkomen di lokasi kejadian.

"Pencarian telah dilanjutkan dan kami ingin mengeluarkan dua jenazah dari bangkai kendaraan, kami tidak tahu apakah masih ada lagi," imbuh Komisioner Regional Rift Valley Abdi Hassan. 

Selain menewaskan 49 orang, kecelakaan juga mengakibat 30 orang lainnya terluka. Para korban terluka akibat truk menabrak mobil-mobil, boda bodas (ojek) dan kios-kios pasar di persimpangan jalan Londiani yang ramai.

Para pemimpin Kenya termasuk Presiden William Ruto menyatakan belasungkawa setelah kecelakaan itu. Londiani pun menjadi trending di media sosial, dengan banyak orang memposting gambar lilin di samping kata Londiani di Twitter.

Tingkat kecelakaan di Kenya memang terbilang tinggi. Otoritas Transportasi dan Keselamatan Nasional Kenya mencatat, sedikitnya 21.760 orang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas tahun lalu, termasuk 4.690 orang yang meninggal

 

 


  

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment