Vladimir Putin: Rusia Akan Terus Mengerjakan Eksplorasi Ruang Angkasa

13 April 2023 02:18
Penulis: Adiantoro, news
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)

Sahabat.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (12/4/2023) mengatakan Rusia akan terus mengerjakan eksplorasi ruang angkasa.

"Rusia pasti akan menjelajahi ruang angkasa. Kami pasti akan bekerja ke arah ini," kata Putin dalam pidatonya menyambut Hari Kosmonautika, seperti dilansir dari Anadolu Agrency.

Diketahui, Hari Kosmonautika merupakan hari libur yang dirayakan di Rusia dan beberapa mantan negara Uni Soviet lainnya pada 12 April. Liburan ini merayakan penerbangan ruang angkasa berawak pertama yang terjadi pada 12 April 1961 oleh kosmonaut Soviet berusia 27 tahun, Yuri Gagarin.  

Lebih lanjut, Putin mengatakan Rusia perlu menciptakan sistem ruang angkasa yang berdaulat dan merancang stasiun orbit Rusia yang nantinya akan menjadi pos terdepan negaranya untuk mempelajari dan menjelajahi angkasa luar.

Putin juga mengatakan stasiun orbit baru akan ditujukan, antara lain, untuk "menyelesaikan masalah yang dihadapi negara kita dalam arti luas".

"Bagi kami, ini adalah teknologi canggih yang diperlukan untuk Bumi, ini adalah skala yang berbeda secara kualitatif untuk pengembangan sains dan ekonomi kami, tingkat keamanan negara modern yang andal," tambahnya.

Putin juga mengatakan Rusia harus kembali mengatur misi ke planet lain dan segera melanjutkan program eksplorasi bulan.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment