Bawaslu Pangkep Safari Ramadhan Cegah Politik Uang

31 Maret 2023 06:57
Penulis: Alber Laia, news
Bawaslu Pangkep apel siaga menyambut tahapan Pemilu 2024.ANTARA/HO-Bawaslu Pangkep.

Sahabat.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan menggelar Safari Ramadhan untuk sosialisasi pencegahan politik uang dan larangan melakukan kegiatan politik di masjid.

"Ada giat beberapa panwaslu melakukan safari Ramadhan dalam melakukan upaya pencegahan politik uang dan kegiatan politik praktis seperti yang baru saja kita lakukan di desa di Kecamatan Bungoro, Pangkep," ujar Ketua Bawaslu Pangkep Samsir Salam saat dihubungi dari Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan pentingnya kegiatan sosialisasi pencegahan politik uang mengingat besarnya potensi terjadi praktek tersebut dalam suasana bulan puasa, khususnya dalam bentuk sedekah dari partai politik ataupun bakal calon peserta Pemilu 2023l4.

"Sehingga sebagai upaya pencegahan, kita hadir di tengah-tengah jamaah untuk mengajak agar tidak mudah tergiur," ujarnya.

Selain safari Ramadhan, Bawaslu dalam rangka pencegahan praktek politik di rumah ibadah atau masjid juga telah melakukan langkah-langkah strategis.

Mulai dari memberikan imbauan kepada partai politik dan bakal calon kontestan Pemilu 2024 agar tidak melakukan kegiatan kampanye atau menghadirkan alat peraga demi menarik simpati jamaah.

Bawaslu Pangkep juga sudah merencanakan mengirimkan surat ke masjid-masjid melalui Pengawas Kecamatan dan Desa (PKD), Panwascam agar sama-sama mengawasi atau mencegah pihak-pihak terkait memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk melakukan politik di masjid kecamatan atau desa.

"Insya Allah, kita sudah kirimkan suratnya ke masjid-masjid dalam beberapa hari ke depan," jelasnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment