Bawaslu Sulbar awasi Coklit Data Pemilih

28 Februari 2023 01:28
Penulis: Alber Laia, news
Tim Bawaslu Sulbar yang bertugas mengawasi coklit data pemilih untuk Pemilu 2024, di Mamuju, Senin (27/2/2023). ANTARA/M Faisal Hanap

Sahabat.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pengawasan terhadap kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk memastikan agar masyarakat tidak kehilangan hak pilih pada Pemilu 2024.

"Bawaslu Sulbar mengawasi coklit data pemilih sebagai tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pemilu 2024," kata Ketua Bawaslu Sulbar, Fitrinela Patonangi di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan penyelenggaraan kegiatan coklit data pemilih akan diawasi bersama dengan verifikasi faktual syarat dukungan pemilih bakal calon perseorangan anggota DPD Pemilu yang juga sementara berlansung di Sulbar.

Menurut dia, Bawaslu Sulbar memiliki tanggung jawab dalam tugas pengawasan dan penyelenggaraan Pemilu 2024 serta memastikan seluruh masyarakat berpartisipasi pada pesta demokrasi tahun depan.

"Bawaslu seluruh kabupaten di Sulbar juga telah melakukan patroli pengawasan terhadap kegiatan coklit tersebut guna memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih," katanya.

Ia mengatakan seluruh warga pemilih yang menjadi sasaran coklit akan dilakukan di rumah masing-masing, dengan metode wawancara untuk mendapatkan data pemilih yang akurat dan untuk ditetapkan dalam daftar pemilih sementara (DPS) pemilih.

Bawaslu, jata dia, juga akan mendirikan posko kawal aktif pemilu untuk memudahkan masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih dapat direkomendasikan menjadi pemilih yang terdaftar dalam DPS.

"Posko kawal pemilu tersebut untuk menjadi pusat pelayanan aduan masyarakat yang tidak diakomodir sebagai pemilu, dan untuk menjamin bahwa pemilu berlangsung jujur dan adil serta seluruh masyarakat yang berhak memilih, tidak kehilangan hak pilihnya," katanya.

Menurut dia, Bawaslu Sulbar akan berupaya menjaga dan memastikan penyaluran hak pilih sebagai kedaulatan rakyat dapat terwujud dan agar pemilu dapat berlangsung aman dan damai.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment