Bawaslu Sulbar Perkuat Internal Awasi Pelanggaran Pemilu

22 Februari 2023 02:06
Penulis: Alber Laia, news
Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memperkuat internal dalam melakukan penanganan dan pengawasan pemilu 2024, di Mamuju, Selasa (21/2/2023) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi

Sahabat.com - Badan Pengawas Pemilu Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memperkuat internal dalam melakukan penanganan dan pengawasan Pemilu 2024. 

"Bawaslu Sulbar akan menggelar kegiatan rapat koordinasi," kata Anggota Bawaslu Sulbar, Muhammad Subhan, di Mamuju, Selasa.

 Ia mengatakan rapat koordinasi tersebut untuk melakukan penguatan internal Bawaslu Sulbar dalam pengurusan pelaporan data, kajian, dan tindak lanjut penanganan pelanggaran Pemilu 2024.

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian yang dilaksanakan untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya kegiatan serupa juga digelar di Bawaslu Pasangkayu.

Ia menyampaikan, Bawaslu Sulbar memanfaatkan rapat koordinasi untuk memaksimalkan pemanfaatan aplikasi sistem jnformasi penanganan pelanggaran dan pelaporan (Sigap Lapor) dalam melakukan penanganan dan pengawasan pemilu.

Menurutnya, aplikasi sigap lapor merupakan salah satu upaya Bawaslu untuk memperkuat sistem teknologi informasi guna mendukung penyatuan data penanganan pelanggaran oleh pengawas pemilu di seluruh Indonesia agar terintegrasi, efektif, transparan, dan aksesibel.

Ia meminta agar operator yang menangani Sigap Lapor agar mengikuti kegiatan tersebut sehingga pengelolaan aplikasi tersebut dapat maksimal.

“Bawaslu seluruh kabupaten di Sulbar juga diminta melakukan penguatan internal, khususnya terkait dengan tata cara dan prosedur penanganan pelanggaran,” katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment