DPRD OKU Dorong Pemerintah Tingkatkan Kualitas Data Kependudukan

06 Februari 2023 13:25
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Gedung DPRD Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Sahabat.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendorong pemerintah daerah setempat meningkatkan kualitas data kependudukan agar tersaji lebih berkualitas.

"Dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU diharapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik terkait data kependudukan agar lebih prima," kata Anggota DPRD OKU Yopi Sahruddin di Baturaja, Senin.

Menurut dia, peningkatan kualitas data kependudukan perlu dilakukan agar tatanan pelayanan serta informasi kependudukan masyarakat tersaji lebih prima.

Data yang berkualitas juga dapat mempermudah pemerintah dalam menyalurkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat agar tersalurkan tepat sasaran.

"Data kependudukan yang berkualitas dapat mempengaruhi sejumlah program bantuan yang disalurkan pemerintah bagi masyarakat miskin agar tepat sasaran," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya mendorong Disdukcapil OKU meningkatkan pelayanan data kependudukan sehingga dapat terjamin kepastian pelayanan yang lebih prima bagi masyarakat di wilayah itu.

Untuk mendorong peningkatan pelayanan tersebut, pihaknya berupaya menggali informasi melalui Kunjungan Kerja (Kunker) Pimpinan dan Anggota DPRD OKU ke Disdukcapil Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

"Kunker sudah kami laksanakan ke DPRD dan Disdukcapil Kota Bogor pada 31 Januari hingga 4 Februari 2023," katanya.

Hasil kunjungan kerja tersebut akan dijadikan referensi dalam memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten OKU khususnya Disdukcapil agar ke depannya administrasi kependudukan dapat lebih baik lagi.

"Dengan begitu ke depannya kami berharap tidak ada lagi masyarakat miskin di Kabupaten OKU ini yang tidak mendapat bantuan pemerintah akibat data kependudukan yang kurang akurat," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment