Kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 memasuki hari ke-32

30 Desember 2023 09:09
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Arsip foto - Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.)

Sahabat.com - Masa kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 memasuki hari ke-32, Jumat (29/12).

Ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md melakukan kampanye di berbagai wilayah di Indonesia untuk menggaet suara rakyat.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Anies-Muhaimin

Pasangan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kompak melakukan kampanye ke sejumlah wilayah di Jawa Timur, Jumat (29/12).

Pasangan AMIN tersebut berbagi tugas untuk menarik dukungan masyarakat petani, nelayan, hingga santri di kabupaten ujung timur Pulau Jawa, itu dengan cara berdialog dan menyerap aspirasi rakyat.

Saat kampanye di Tuban, Jawa Timur, Anies mengatakan bahwa gelombang perubahan makin besar, bahkan bukan hanya yang lemah, melainkan kelompok mapan pun ikut menyongsong perubahan itu.

Dia menjelaskan bahwa setelah melakukan kampanye di berbagai daerah menunjukkan adanya perubahan yang makin masif.

Bahkan, kata Gubernur DKI Jakarta periode 2017—2023 itu, sebelumnya perubahan itu hanya diimpikan oleh kelompok yang lemah. Namun, kali ini kelompok yang mapan dan ekonomi kuat pun ikut masuk dalam perubahan.

Sementara pasangannya, Muhaimin Iskandar saat mengunjungi Pasar Menganti, Gresik, Jawa Timur, ia berjanji akan membentuk Desain Pangan Nasional untuk menjamin stabilitas harga pangan jika terpilih pada Pilpres 2024.

Selain itu, dia juga berjanji akan menjamin ketersediaan pupuk dan pemasaran hasil produksi dengan melakukan kontrak pertanian.

Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto pada Jumat (29/12) memilih tidak ambil cuti dan aktif seperti biasa sebagai Menteri Pertahanan RI di Jakarta, sedangkan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gibran ditemani istri Selvi Ananda tiba di Bandara Internasional Eltari Kupang, NTT sekitar pukul 20.00 WITA.

Setibanya di Kupang, putra sulung Presiden Joko Widodo itu langsung menyapa pendukungnya yang telah menunggu kedatangannya di luar bandara.

Setelah itu, dia melanjutkan rangkaian kampanyenya dengan mendengarkan aspirasi dari tokoh lintas agama di Kupang.

Gibran menjelaskan bahwa tokoh lintas agama itu menginginkan pemerataan pembangunan apabila Prabowo-Gibran terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024.

Ganjar-Mahfud

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md berpencar untuk menggalang suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Jumat (29/12).

Dalam kampanye tersebut, Ganjar menerima keluhan dari para pedagang di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, mengenai naiknya harga kebutuhan pokok menjelang akhir tahun.

Setelah berkunjung ke pasar, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menghadiri acara peluncuran SMK Gratis Langsung Kerja untuk Keluarga Miskin di Lapangan Pule, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Ganjar berkomitmen untuk menggagas program sekolah menengah kejuruan atau SMK gratis untuk keluarga tidak mampu ke tingkat nasional guna mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Lalu sore harinya, Ganjar menyempatkan untuk bersilaturahim dengan pendakwah Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di Masjid Habib Syech, Surakarta, Jawa Tengah.

Sementara itu, pasangannya, Mahfud Md dalam agenda resminya disebutkan melakukan silaturahmi di PP Bustanul Makmur, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur.

Lalu, Menko Polhukam itu melakukan perjalanan dengan berkunjung ke Pondok Pesantren Minhajut Thullab, Muncar, Banyuwangi dan dilanjutkan dengan menghadiri acara di PP Minhajut Thullab, Banyuwangi.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment