KPU DIY Terima Surat Suara Pemilu 2024 Mulai Pekan Ini

27 Desember 2023 12:57
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Siswa memasukkan surat suara saat mengikuti rangkaian simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (23/2/2023). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa/aa.

Sahabat.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan menerima logistik Pemilu 2024 tahap kedua, khususnya surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PIlpres) 2024 mulai pekan ini.

Ketua KPU Provinsi DIY Ahmad Shidqi di Yogyakarta, Rabu, menuturkan bahwa surat suara akan langsung didistribusikan ke gudang penyimpanan logistik KPU kabupaten/kota di DIY.

"Surat suara yang diterima nanti langsung disimpan di gudang masing-masing (KPU kabupaten/kota)," kata Shidqi.

Ia mengatakan bahwa pihaknya bakal memastikan jumlah surat suara yang diterima sesuai dengan jumlah yang tercatat pada berita acara.

Penyelenggara pemilu akan melakukan penyortiran dilanjutkan dengan pelipatan.

Apabila dalam penghitungan dan sortir ternyata ditemukan kekurangan atau tidak sesuai dengan jumlah pada berita acara, pihaknya akan menyampaikan ke perusahaan percetakan untuk segera dilengkapi.

"Nanti akan dibuatkan berita acara apakah ada kekurangan untuk dilengkapi," ujar dia.

Meski demikian, menurut Shidqi, waktu tiba surat suara tersebut tetap menyesuaikan kondisi di lapangan karena bersamaan dengan momen liburan Natal dan Tahun Baru 2024 yang dapat memengaruhi proses distribusi.

Untuk memastikan keamanan proses distribusi, dia memastikan KPU Provinsi DIY terus berkoordinasi dengan kepolisian.

Sementara itu, untuk surat suara pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta DPD diperkirakan baru dikirim pada bulan depan.

Adapun seluruh logistik tahap pertama yang meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, segel, dan segel plastik, menurut dia, saat ini telah tersimpan di gudang KPU kabupaten/kota di DIY.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro memastikan seluruh logistik Pemilu 2024 yang tersimpan di gudang penyimpanan wilayah setempat dalam kondisi aman dari risiko pencurian dan kerusakan akibat kondisi cuaca.

Untuk menghindari risiko pencurian, logistik pemilu yang tersimpan di dua bangunan gedung penyimpanan KPU Kota Yogyakarta di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta dijaga ketat oleh tim keamanan KPU bersama personel kepolisian selama 24 jam.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment